Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabencana, ILUNI UI Kirim Bantuan ke Sulteng

Kompas.com - 01/10/2018, 22:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menyatakan bakal segera mengirimkan bantuan untuk korban gempa Donggala dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan berupa bahan pangan hingga peralatan medis.

"Saat ini kami tengah melakukan kordinasi dan konsolidasi untuk segera mengirimkan bantuan, baik bantuan obat-obatan, sandang pangan juga rencana pembuatan pemukiman sementara,” papar Ketua Umum Pengurus Pusat Iluni UI Arief Budhy Hardono dalam pernyataannya, Senin (1/10/2018).

Arief menjelaskan, saat ini sebagian tim community development (Comdev) Iluni UI masih berada di Sembayun dan beberapa daerah lainnya di Lombok Nusa Tenggara Barat, NTB yang juga baru saja terkena musibah gempa bumi. Mereka memberikan bantuan pasca benca.

Iluni UI tengah membangun rumah-rumah tahan gempa untuk masyarakat korban bencana. Comdev Iluni UI adalah salah satu organ di ILUNI UI yang bertugas antara lain memberikan bantuan kemanusiaan dan tanggap darurat di daerah daerah yang terkena musibah bencana alam.

“Untuk membantu masyarakat korban bencana di Sulawesi Tengah, kami akan menarik sebagian dari anggota tim tanggap bencana Iluni UI yang tengah memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana di NTB dan sebagian tengah membangun rumah-rumah tahan gempa yang pembangunan rumahnya sudah selesai, untuk segera membantu masyarakat Sulawesi Tengah," jelas Arief.

Adapun bantuan medis Iluni UI akan dikordinasikan dengan Iluni UI Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Sedangkan bantuan papan, pembangunan rumah-rumah tahan gempa akan dikordinasikan dengan ILUNI UI Fakultas Teknik (FT).

"Bantuan lainnya dikordinasikan dengan ILUNI Fakultas dan wilayah lainnya," tutur Arief.

Dia menjelaskan, koordinasi juga dilakukan dengan Gubernur Sulteng Longki Janggola. Longki merupakan Ketua Iluni UI Wilayah Sulteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com