Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Bos Diri Sendiri Itu Sehat!

Kompas.com - 02/10/2018, 08:11 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Menjadi bos untuk diri sendiri atau dalam arti lain menjadi wirausahawan tampaknya baik untuk kesehatan Anda.

Hasil riset yang dilansir dari Forbes, menyebutkan bahwa kerja otak menjadi lebih baik bagi mereka yang memutuskan memutuskan untuk berwirausaha.

Menurut studi dari ekonom Universitas Groningen Belanda Milena Nikolova,  seseorang yang menjadi pengusaha karena "kebutuhan", dari pengangguran menjadi berusa sendiri,  hanya akan mengalami peningkatan mental, tetapi fisik mereka tidak meningkat.

Namun, bagi mereka yang membuka usaha karena "peluang", yakni seseorang yang awalnya mempunya pekerjaan rutin menjadi wirausaha, akan mengalami peningkatan mental dan fisik. Walaupun keuntungan fisik ini tidak memengaruhi secara langsung pada pendapatan usaha, tapi hal ini tentu baik bagi tubuh Anda.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 20.000 Wirausaha Baru

Yang terpenting sebut Milena, hal tersebut memang tidak bisa dijelaskan oleh adanya penambahan pendapatan. Akan tetapi akan berpengaruh pada kondisi non keuangan dari yang bersangkutan dan juga berimplikasi pada teori dan praktik kewirausahaan baik untuk pengusaha maupun pembuat kebijakan.

Milena sendiri telah mempelajari kesejahteraan terkait dengan pekerjaan, melihat data yang dihimpunnya di Jerman dari tahun 2012 hingga 2014.

Dia mengatakan, penelitiannya memberikan bukti penyebab pertama konsekuensi kesehatan fisik dan mental dari membangun usaha sendiri.

Menurut dia, orang yang membuka usahanya sendiri melihat adanya manfaat kesehatan. Di antaranya yakni catatan menunjukkan seorang entrepreneur menikmati kepuasan kerja yang meningkat terkait dengan kontrol atas pekerjaan mereka.

Sementara itu, bantuan untuk membuka usaha atau hibah dapat mendorong para pengusaha membantu meningkatkan hasil kesehatan mental dan fisik di masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com