Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Lombok, Sompo Insurance Terima 21 Klaim

Kompas.com - 02/10/2018, 11:09 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sompo Insurance Indonesia menerima 21 pengajuan klaim asuransi terkait gempa yang menimpa Lombok dan sekitarnya pada 5 Agustus 2018.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/10/2018), estimasi share kerugian yang ditanggung Sompo Insurance mencapai 1.158.318 dollar AS dan Rp 650.196.050.

Klaim asuransi untuk gempa Lombok membuat total klaim bruto produk asuransi harta benda Sompo Insurance mengalami kenaikan signifikan.

Baca juga: Pembiayaan dan Asuransi Bencana Dibahas di Pertemuan IMF-Bank Dunia

Pada Juni 2018, total klaim bruto yang dibayarkan yakni sebesar Rp 52 miliar. Pascabencana, klaim melonjak pesat hingga Rp 75 miliar pada Agustus 2018.

Sompo juga menerima klaim asuransi untuk bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Namun, mereka masih menunggu laporan kerugian akibat bencana tersebut.

"Laporan kerugian untuk gempa Palu dan Donggala masih belum dapat dipastikan," kata Head of Human Resources Department Sompo Insurance Diah Safiati Amurwani.

Kerugian akibat gempa bumi di Nusa Tenggara Barat dan Bali diperkirakan mencapai Rp 7,45 triliun. Angka tersebut sebagian besar dihitung dari kerusakan bangunan akibat gempa.

Untuk meringankan beban korban yang masih masa pemulihan saat ini, Sompo Insurance memberi bantuan sebesar Rp 50 juta yang disalurkan melalui Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Denpasar. Dalam waktu dekat, Sompo Insurance juga akan menyalurkan bantuan untuk korban bencana Palu.

"Kami juga berharap kepedulian kami dapat membantu mencukupi kebutuhan para korban selama berada di area pengungsian dan mempercepat proses pemulihan pasca-bencana," kata Diah.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 17 Agustus 2018, tercatat terjadi 729 gempa susulan di Lombok sejak gempa besar pertama pada 5 Agustus 2018. Kejadian ini menewaskan lebih dari 483 jiwa, 1.054 orang luka-luka, 81.813 rumah rusak yang menyebabkan jumlah pengungsi sebanyak 431.416 jiwa.

 

Berita ini telah diubah judulnya pada 02/10/2018 pukul 19.38 dari sebelumnya berjudul: Klaim Asuransi Gempa Lombok ke Sompo Insurance Tembus Rp 17 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com