Kompas.com - 02/10/2018, 11:25 WIB
Warga dibantu petugas mencari korban gempa bumi Palu di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOWarga dibantu petugas mencari korban gempa bumi Palu di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan 832 orang meninggal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca gempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/10/2018), kantor cabang dan unit ATM PT Bank Central Asia (BCA) di wilayah tersebut belum dapat beroperasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Sceretary BCA Jan Hendra kepada Kompas.com, Senin (1/10/2018) malam.

"Saat ini masih belum beroperasi untuk Palu jaringan cabang dan ATM," ujar dia.

Jan Hendra menjelaskan, saat ini pihak BCA masih berupaya untuk bisa memperbaiki sistem jaringan agar segera dapat melayani nasabah di wilayah Palu dan sekitarnya. Dalam prosesnya, BCA bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memulihkan pengoperasian kembali transaksi perbankan pasca bencana ini.

Baca juga: Luhut: Gempa dan Tsunami di Sulteng Tak Ditetapkan Bencana Nasional

"Dalam prosesnya, kami berkoordinasi dengan BI dan OJK," ujar dia.

Adapun hingga saat ini, terdapat beberapa bank lain yang sudah mulai beroperasi di Palu, seperti BNI dan Mandiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk Bank Mandiri, kantor cabang yang sudah mulai beroperasi adalah kantor cabang Sam Ratulangi. Sementara terdapat 6 unit ATM di Palu yang sudah bisa digunakan.

Adapun untuk BNI, terdapat 8 unit ATM di Palu dan 14 unit ATM di Parigi yang sudah bisa beroperasi. BNI juga mengoperasikan 3 BNI Layanan Gerak (O-Branch) yang di dalamnya juga terdapat mesin ATM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.