Pertamina Kirim 400.000 Liter BBM ke Palu dan Donggala

Kompas.com - 02/10/2018, 13:38 WIB
Puing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPuing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (persero) mengirimkan 400.000 liter BBM tambahan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Pengiriman tersebut menggunakan moda transportasi darat dan udara.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, Pasokan ini untuk memenuhi kebutuhan di SPBU, kebutuhan operasional rumah sakit, pembangkit listrik, Basarnas, Posko Bencana, TNI, Polri, dan lainnya.

Pertamina terus berupaya maksimal melakukan penyaluran BBM kepada masyarakat dengan menambah pasokan BBM melalui segala moda transportasi yang tersedia.

"Untuk pasokan melalui jalur darat, Pertamina menambah pasokan dengan melakukan alih supply dari Terminal BBM Pertamina yang beroperasi. Sedangkan melalui moda transportasi udara, sudah dilakukan dua kali pengiriman bahan bakar menggunakan pesawat air tractor," ujar Adiatma dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/10/2018).

Baca juga: Ada Gempa Lombok, Jumlah Wisatawang Asing Agustus 2018 Turun

Adiatma menyebutkan, pesawat air tractor pembawa solar yang dioperasikan Pelita Air membawa solar dengan kapasitas 4.000  liter dari Tarakan menuju Palu.

Pengiriman menggunakan air tractor sudah dilakukan Senin (1/10/2018) dan hari ini telah melakukan pengiriman kedua. Total penyaluran menggunakan pesawat air tractor sebanyak 8.000 liter solar.

Seluruh pasokan tersebut, terdiri dari lebih dari 380.000 liter BBM jenis Premium, Pertalite dan Solar, serta lebih dari 30.000 liter Avtur. Pasokan BBM tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Palu serta pasokan prioritas untuk rumah sakit, Basarnas, pembangkit listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.