Uni Eropa Rombak Daftar Hitam Negara Surga Pajak

Kompas.com - 02/10/2018, 17:35 WIB
Seorang pendukung Uni Eropa mengibarkan bendera Uni Eropa di depan gedung parlemen di London, 13 Juni 2018.AFP / BEN STANSALL Seorang pendukung Uni Eropa mengibarkan bendera Uni Eropa di depan gedung parlemen di London, 13 Juni 2018.

LUXEMBOURG, KOMPAS.com - Para menteri keuangan Uni Eropa sepakat untuk menghapus Palau, negara di kepulauan Pasifik dari daftar hitam negara surga pajak. Palau telah masuk daftar hitam Uni Eropa pada Maret 2018 lalu karena aturan dan praktik perpajakannya dipandang tak sejalan dengan standar Uni Eropa.

Dikutip dari Reuters, Selasa (2/10/2018), setelah berkomitmen dengan perubahan daftar negara, para menteri keuangan Uni Eropa juga setuju memindahkan Palau dari daftar hitam ke daftar abu-abu dengan standar transparansi perpajakan yang rendah.

Sebanyak enam negara tetap berada di dalam daftar hitam Uni Eropa, yakni Namibia, Samoa, Trinidad dan Tobago, Samoa Amerika, Guam, dan Virgin Islands. Daftar hitam Uni Eropa tersebut disusun pada Desember 2017 lalu.

Daftar ini disusun setelah terungkapnya skema penghindaran pajak yang digunakan korporasi maupun individu-individu kaya untuk menurunkan kewajiban pembayaran pajak. Aslinya, daftar tersebut memuat 17 negara.

Negara-negara yang masuk dalam daftar hitam tersebut bisa menghadapi kerusakan reputasi dan kontrol yang lebih ketat terhadap transaksi keuangan mereka dengan AS. Meskipun demikian, belum ada sanksi yang disetujui.

Negara-negara yang masuk dalam daftar abu-abu dapat dipindahkan ke daftar hitam apbila mereka melanggar komitmennya.

Beberapa waktu lalu, Uni Eropa sepakat menghapus dua negara, yakni Bahamas serta Saint Kitts dan Nevis dari daftar hitam negara surga pajak. Kedua negara itu pun akhirnya dipindahkan ke daftar abu-abu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X