Depresiasi Rupiah Terhadap Dollar AS Akankah Berlanjut?

Kompas.com - 02/10/2018, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Per hari ini, di pasar spot Bloomberg, rupiah diperdagangkan pada level Rp 15.042,5. Angka tersebut lebih lemah 0,89 persen atau 132 poin dibanding penutupan perdagangan Senin (1/10/2018) di mana nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 14.910,5 per dollar AS.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, jika rupiah teidak kembali ke level di bawah Rp 15.000 per dollar AS hari ini, ada kemungkinan rupiah akan terus melemah dan membentuk level kestabilan baru di atas Rp 15.000 per dollar AS.

"Tapi saya yakin BI (Bank Indonesia) tidak menghendaki itu terjadi," jelas Piter kepada Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

Dia menjelaskan, kenaikan suku bunga BI sebesar 25 bps menjadi 5,75 persen pada Kamis (27/9/2018) lalu memang tidak ditujukan untuk memperkuat rupiah. Namun, hanya untuk menjaga stabilitas dari pelemahan rupiah. Selain itu, dampak kenaikan suku bunga BI memang hanya bersifat temporer.

"Dampak kenaikan suku bunga Bi hanya temporer dan sudah diprice in sebelum kenaikan itu terjadi. Jadi sekarang dampaknya sudah tidak ada," jelas Pieter.

Adapun VP Economist Permata Bank Josua Pardede menjelaskan, melemahnya rupiah terhadap dollar AS yang lebih diakibatkan oleh faktor sentimen eksternal ketimbang fundamental ekonomi akan bersifat sementara. Menurutnya, kondisi fundamental ekonomi Indonesia cukup solid, ditunjukkan dengan inflasi yang cenderung terjaga dan pertumbuhan ekonomi yang diprediksi sesuai target hingga akhir tahun.

"Ditambah lagi dengan kebijakan-kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah diperkirakan akan menekan defisit transaksi berjalan, diharapkan dapat menahan pelemahan rupiah lebih lanjut lagi," jelas Josua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.