Akankah Kecerdasan Buatan Menggantikan Manusia di Pemasaran?

Kompas.com - 03/10/2018, 10:38 WIB
Artificial Intelligence science.dodlive.milArtificial Intelligence

NEW YORK, KOMPAS.com — Beberapa kabar mengungakapkan bahwa mesin akan menggantikan manusia di masa depan. Misalnya, "95 persen sales akan diganti oleh AI dalam 20 tahun," menurut salah satu judul di LinkedIn. Kemudian, "AI adalah ancaman bagi Wiraniaga," kata Forbes.

Ya, tidak diragukan lagi bahwa kecerdasan buatan (artifical intelegence/AI) dan mesin lain akan mengubah lanskap penjualan business-to-business (B2B). Namun, manusia akan tetap penting untuk proses penjualan sebuah perusahaan.

Pekerjaan seorang tenaga penjual adalah membangun hubungan yang kuat dengan klien dan memberikan produk dan layanan hebat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tenaga penjualan yang baik tahu cara mendengarkan, mereka memahami pentingnya empati dan pengambilan perspektif, mereka pun mengakui nilai komunikasi dan kolaborasi. AI dinilai akan gagal dalam hal ini.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Bakal Gantikan Manusia Olah Data Perusahaan

Namun, yang pasti AI bisa memfasilitasi pembentukan hubungan antara penjual dengan kliennya. Kekuatan penjualan terbaik di masa depan akan menggabungkan kecerdasan emosional manusia dengan alat dan teknologi yang didukung AI.

1. Kustomisasi

Untuk mengetahui apa yang penting bagi pelanggan, seorang tenaga penjual perlu memahami sudut pandang mereka. Pekerjaan mereka mengharuskan mereka untuk terus-menerus berkomunikasi dengan klien.

Tenaga penjual harus memperhatikan apa yang mereka dengar, di samping itu juga harus mengajukan pertanyaan dan pertanyaan lanjutan yang relevan. Tujuan mereka adalah untuk mengetahui motivasi pelanggan mereka dan tantangan yang paling mendesak.

Dalam hal ini, tenaga penjual perlu mengurai masalah dalam waktu singkat, di sini AI bisa membantu prosesnya. Otomatisasi proses, ditambah dengan analisis prediktif membantu mendeteksi hubungan antar-elemen data.

Analitik preskriptif, membantu penjual menavigasi proses penjualan dengan mengungkapkan jalur terbaik sehingga bernilai bagi klien. Singkatnya, alat-alat ini membantu tenaga penjual menyesuaikan solusi dan rekomendasi yang mereka tawarkan kepada pelanggan.

2. Koordinasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X