Pembiayaan Lewat Fintech P2P Lending Makin Diminati Masyarakat - Kompas.com

Pembiayaan Lewat Fintech P2P Lending Makin Diminati Masyarakat

Kompas.com - 03/10/2018, 19:02 WIB
Ilustrasi fintechwww.thinkstockphotos.com Ilustrasi fintech

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembiayaan melalui layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology ( Fintech) peer to peer lending semakin diminati masyarakat. Ini terlihat dari peningkatan penyaluran pembiayaan lewat Fintech.

Dari data terakhir yang dijabarkan Asosiasi Financial Technology (Aftech) penyaluran pinjaman tumbuh pesat. Hingga Juli 2018 jumlah pinjaman mencapai Rp 9,2 triliun.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan selama tahun 2017 yang hanya Rp 2,5 triliun. Peningkatan ini pun diyakini dapat membantu menggenjot tingkat literasi keuangan.

Pemerintah sendiri menargetkan inklusi keuangan sebesar 75 persen di tahun 2019 dan difokuskan kepada masyarakat berpendapatan rendah, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat lintas kelompok. Sampai akhir 2017, inklusi keuangan mencapai 63 persen dari jumlah populasi, atau masih selisih 12 persen hingga 2019.

“Fintech P2P Lending Cash Loan memang menyasar masyarakat berpendapatan rendah, pelaku usaha mikro. Kami ingin masyarakat juga bisa lebih memahami seputar fintech dan layanan yang bisa dimanfaatkan demi memberikan akses keuangan yang lebih terjangkau, serta cepat, aman dan terpercaya,” kata Aidil Zulkifli, CEO dan pendiri Fintech UangTeman dalam pernyataannya, Rabu (3/10/2018).

Ketua Bidang Pinjaman Cash Loan Asosiasi Financial Technology (Aftech) Sunu Widyatmoko mengatakan, jumlah nasabah peminjam juga meningkat drastis.

Hingga Juli 2018, jumlah kreditur mencapai 135.000 dan jumlah debitur mencapai 1,4 juta. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL)-nya pun masih rendah, yakni 0,5 persen hingga Maret 2018.

“Masyarakat semakin percaya meminjam uang melalui fintech, sebagai gambaran, peminjam di Pulau Jawa tumbuh 422 persen, sedangkan di luar Jawa 759 persen,” katanya.

Menurut Sunu, meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada layanan tersebut karena masyarakat sudah mulai paham tentang keamanan meminjam uang di fintech. Keunggulan di fintech adalah masyarakat lebih mudah mendapatkan pinjaman dibandingkan menggunakan layanan seperti bank.


Close Ads X