Perhatikan 5 Tanda Ini, Kemungkinan Anda Akan Segera Dipecat dari Pekerjaan - Kompas.com

Perhatikan 5 Tanda Ini, Kemungkinan Anda Akan Segera Dipecat dari Pekerjaan

Kompas.com - 04/10/2018, 08:37 WIB
Ilustrasi PHKDok. Jobplanet Ilustrasi PHK

NEW YORK, KOMPAS.com - Tidak selalu jelas kapan Anda telah sampai di ujung jalan dengan atasan Anda. Namun, menurut kontributor CNBC Suzy Welch, ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan.

"Dipecat dari kantor sering timbul sebagai sebuah kejutan, dan ya itu menyakitkan. Tapi apa yang benar-benar terasa menyakitkan adalah jika Anda melihat lingkungan dan melihat orang lain seakan tahu bahwa Anda akan segera keluar dari tempat kerja," ujar Suzy kepada CNBC Make It.

Berikut adalah 5 tanda Anda yang harus Anda khawatirkan tentang status pekerjaan Anda:

 

1. Atasan dan rekan kerja Anda seolah menjauh

"Anda merasa seperti mayat yang berjalan. Atasan Anda menarik diri dengan cara perlahan, mengurangi percakapan, sedikit kontak mata dibandingkan dengan rekan kerja Anda yang lain," ujar Welch.

Paranoid dengan hal ini? Menurut Suzy mungkin kepanikan ini bisa jadi naluri Anda yang mengatakan kepada otak bahwa "jangan disangkal lagi, Anda akan segera hengkang dari sana."

 

2. Banyak kritik kepada Anda secara tertulis

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa atasan Anda mengirim email tentang hal-hal yang sebelumnya telah Anda diskusikan secara pribadi? Suzy mengatakan, komunikasi tertulis tentang hal-hal seperti ini, perincian percakapan, dan perbedaan pendapat.

"Ini adalah cara bagaimana perusahaan Anda yang mendokumentasikannya, dan mendokumentasikan tidak pernah baik," jelas Suzy.

 

3. Setiap orang punya lebih banyak pekerjaan ketimbang Anda

Ilustrasi karyawan.ist Ilustrasi karyawan.

"Aku benci yang satu ini, karena itu benar-benar jadi lonceng kematian. Setiap orang memiliki lebih banyak pekerjaan dari pada yang Anda lakukan," ujar Suzy.

Jika Anda bisa pulang kerja lebih awal tanpa melewatkan satu tugas menumpuk dalam deadlines, berhati-hatilah. "Anda sedang dilonggarkan," kata Suzy.

 

4. Anda diberi semacam tes

Mungkin Anda diberi tugas dengan sedikit tenggat waktu yang sangat terbatas, atau diminta untuk menjangkau klien yang sebenarnya tidak bisa.

Ini adalah tanda bahwa perusahaan Anda ingin membuat Anda gagal, mungkin untuk menambahkan alasan lain untuk bisa memecat Anda. Ini adalah taktik yang Suzy Welch sebut "klasik."

 

5. Anda seolah merasa tidak tergantikan

Tanda terbesar bahwa Anda akan dipecat adalah bahwa Anda berpikir Anda tidak bisa tergantikan.

"Perusahaan membenci orang yang merasa seperti itu tentang diri mereka sendiri. Ini arogan. Tidak ada perusahaan dan tidak ada atasan yang ingin merasa seolah-olah seorang karyawan menyandera mereka. Itu hanya sifat manusia," ujar Suzy.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, jangan merasa tidak berdaya dan ambil tindakan. Jika ada kesempatan, Anda mungkin masih dapat menyelamatkan pekerjaan Anda saat ini, pastikan Anda mengirimkan hasil terbaik. Pada saat yang sama, cari tahu apa langkah Anda selanjutnya.

Mulai menjangkau orang-orang di jaringan Anda dan mintalah saran tentang cara mengejar peluang Anda berikutnya. Perbarui resume Anda dan halaman LinkedIn Anda (bukan yang Anda gunakan di tempat kerja saat ini) dan mulailah mencari posisi baru.



Close Ads X