Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan dari Luar Negeri untuk Korban Gempa Palu Ditempatkan Sementara di Balikpapan

Kompas.com - 05/10/2018, 15:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa bantuan dari pihak luar negeri bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah untuk sementara ditempatkan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hal itu tak terlepas dari belum rampungnya perbaikan runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu yang retak 250 meter akibat gempa yang mengguncang Sulteng sepekan silam.

"Untuk sementara ini bantuan dari luar negeri ditempatkan di pool Balikpapan. Nanti baru kita lakukan pergerakan setelah tanggal 12 Oktober untuk langsung ke Sulteng," kata Budi Karya di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Adapun bantuan dari luar negeri kepada korban gempa bumi dan tsunami Sulteng saat ini sudah datang dari lima negara, di antaranya Korea, Malaysia, India, Singapura, dan Amerika Serikat (AS).

Sementara tanggal 12 Oktober dipilih Budi Karya lantaran pada saat itu ditargetkan rekonstruksi runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie rampung sehari sebelumnya.

"Yang menggembirakan adalah bagian runway bandara yang rusak 250 meter itu Insya Allah akan diselesaikan tanggal 11 Oktober nanti," sambung dia.

Dengan begitu, lanjut Budi Karya, runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie yang memiliki panjang 2.250 meter bisa digunakan sepenuhnya pada 12 Oktober 2018.

"Artinya, pesawat besar Airbus 320, Boeing 737 bisa mendarat sehingga yang dari Jakarta bisa langsung ke sana (Palu)," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com