Pemerintah Luncurkan Platform SDGs Indonesia One

Kompas.com - 05/10/2018, 15:06 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOMenteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi meluncurkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) Indonesia One. SDGs Indonesia One merupakan platform kerja sama pendanaan yang terintegrasi guna mendukung pembangunan infrastruktur untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Platform tersebut nantinya akan dibentuk dan dikelola oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya mengatakan, SDGs Indonesia One diharapkan bisa mengaktualisasi proyek-proyek yang termasuk dalam target pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Untuk mencapai dan berkomitmen mewujudkan SDGs tantangannya adalah dalam hal eksekusi. Di semua negara tidak hanya Indonesia itu menjadi titik lemah. SDG Indonesia One dan PT SMI bisa berfungsi sebagai katalis dalam melaksanakan komitmen kita dalam pembangunan nasional yang sejalan dengan SDGs," jelas Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Baca juga: Ridwan Kamil Kebut Pembangunan CBL dan Reaktivasi 4 Jalur Kereta Api

Berkaitan dengan hal tersebut, SDG lndonesia One menyediakan sejumlah fasilitas, yakni fasilitas pengembangan proyek (development facility), fasilitas mitigasi risiko (de-risking facility), fasilitas pembiayaan (financing facility), dan fasilitas investasi (equity fund).

Sri Mulyani menerangkan, fasilitas-fasilitas tersebut memungkinkan terciptanya manfaat yang Iebih luas bagi Indonesia, seperti mobilisasi dan koordinasi peran mitra pemerintah, peningkatan akses ke sumber pendanaan,dan mengurangi beban viskal pemerintah dalam membiayai berbagai proyek yang berorientasi terhadap pencapaian SDGs.

Sementara itu, Direktur Utama PT SMI Emma Sri Wartini menyatakan,  platform SDG Indonesia One tak hanya memberi manfaat kepada pemerintah, melainkan juga ke mitra pemerintah.

"Manfaat bagi mereka di antaranya dapat memperoleh akses dalam meraih peluang pasar di Indonesia, melakukan mitigasi dan mempercepat pelaksanaan dengan kemitraan strategis bersama PT SMI, mendapat manfaat dari adanya upaya mitigasi risiko dari skema blended finance, dan memperoleh ungkitan (leveraging) dari investasi yang dilakukan sekaligus mendapatkan manfaat sosial ekonomi," jelas Emma dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, dalam waktu dekat, platform ini juga akan dimanfaatkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani rekonstruksi dan rehabilitasi di daerah bencana, seperti Palu, Sigi, Donggala, dan Lombok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X