Pengerjaan Mega Proyek Makassar New Port Capai 98 Persen - Kompas.com

Pengerjaan Mega Proyek Makassar New Port Capai 98 Persen

Kompas.com - 05/10/2018, 16:00 WIB
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) Farid Padang (tengah) saat meninjau proyek Makassar New Port, Jumat (5/10/2018). Kompas.com/Mutia Fauzia Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) Farid Padang (tengah) saat meninjau proyek Makassar New Port, Jumat (5/10/2018).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pembangunan tahap IA dari Makassar New Port sudah pmencapai 98 persen.

Rencananya, pembangunan tahap I yang meliputi dermaga dermaga sepanjang 320 meter, kedalaman 16 meter, dan lapangan atau terminal peti kemas seluas 16 hektar dengan kapasitas 500.000 TEUs (kapasitas kapal peti kemas).

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV ( Pelindo IV) Farid Padang mengatakan, peluncuran awal dari pembagunan tahap IA ini akan dilakukan pada akhir Oktober 2018. Dia menjelaskan, pengerjaan proyek ini cenderung efisien baik dari segi waktu dan pendanaan.

"Sebab, pembangunan dermaga dengan kapasitas sejenis yang umumnya memakan waktu 3 tahun dapat dilakulan dalam waktu 2 tahun," ujar dia ketika ditemui di kawasan Makassar New Airport, Jumat (5/10/2018).

Proses pengerjaan salah satu mega proyek pemerintah ini dilakukan dengan sistem pengeboran (boring) dilakulan dalam waktu 24 jam nonstop tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi cuaca.

Farid menjelaskan, Sistem boring ini cenderung baru dan hanya pernah dilakukan di Pelabuhan Liverpool dan Makassar New Port.

"Pengerjaan normal biasa tanpa boring saat cuaca buruk berhenti, kemudian waktunya terbuang. Selain itu, kekuatan dermaga pun lebih tinggi harganya lebih rendah," jelas Farid.

Pembangunan fase IA kali ini memakan biaya infrastruktur sebesar Rp 1,71 triliun dan suprastruktur meliputi peralatan pelabuhan sebesar Rp 0,80 triliun. Total, investasi untuk fase IA sebesar Rp 2,51 triliun.

Dengan adanya efisiensi melalui sistem boring ini, panjang dermaga secara keseluruhan yang tadinya hanya sepanjang 1000 meter pun saat ini akan dikerjakan hingga 1.600 meter dengan efisiensi dana mencapai Rp 1,39 triliun.

Adapun keseluruhan dana yang dibutuhkan untuk pengerjaan tahap I nantinya mencapai Rp 9,2 triliun. Jika pengerjaan tahap I secara keseluruhan rampung di tahun 2021, kapasitas dermaga Makassar New Port dapat mencapai 2,5 juta TEUs.


Close Ads X