SoftBank Tambah Investasi 500 Juta Dollar AS di Grab

Kompas.com - 06/10/2018, 14:16 WIB
Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab.
Penulis Mutia Fauzia
|
Editor Krisiandi

KOMPAS.com - Investasi sebesar 500 juta dollar AS oleh SoftBank Group untuk perusahaan transportasi on-demand Grab semakin dekat dengan kata sepakat.

Investasi tersebut merupakan bagian dari upaya Grab sebagai salah satu perusahaan terbesar di Asia Tenggara untuk mendapatkan sumber pendanaan baru dengan nominal mencapai 1 miliar dollar AS.

Dikutip dari CNBC, dalam enam tahun terakhir sejak pertama kali terbentuk, Grab telah mengumpulkan pendanaan lebih dari 6 miliar dollar AS yang berasal dari SoftBank, Dush Chuxing, dan Toyota Motor.

Adapun setelah pendanaan terakhirnya bulan lalu, valuasi Grab saat ini mencapai 11 miliar dollar AS.

Baca juga: Grab Berencana Jual Saham Unit di Thailand ke Central Group

SoftBank sendiri pertama kali membeli saham Grab senilai 250 juta dollar AS di tahun 2014 saat perusahaan start up ini baru beroperasi selama 2 tahun. Kala itu Grab bersaing dengan Uber Technologies di Asia Tenggara.

Adapun Toyota menjadi perusahaan yang memimpin pendanaan tahun ini.

Grab sendiri saat ini tengah berupaya untuk semakin membuka pasar dengan tak hanya menyediakan jasa transportasi dan pengiriman makanan saja, tetapi juga sistem pembayaran elektronik.

Kompas TV Gojek menyatakan sudah mengerek tarif Gojek antara 2.200 rupiah hingga 3.300 per kilometer untuk tarif jarak dekat atau di bawah 9 kilometer.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.