Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos IMF, Sri Mulyani, Luhut, dan Gubernur BI Tanam Terumbu Karang di Bali

Kompas.com - 07/10/2018, 09:45 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 atau IMF-World Bank Annual Meeting 2018 menanam terumbu karang di kawasan Nusa Dua, Bali. Penanaman terumbu karang tersebut diharapkan dapat mewujudkan akuarium alami bawah laut yang unik dan indah.

Diketahui, 60 persen dari terumbu karang di dunia terdapat di Indonesia. Sayangnya, terumbu karang sangat mudah rusak akibat berbagai faktor, termasuk perubahan iklim dan kegiatan destruktif di tempat-tempat wisata.

Oleh karena itu, panitia Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 yang akan menggelar acara di Bali merasa berkepentingan menjaga keunikan bahari tersebut.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi menyediakan biota laut yang akan mendukung dan membuat kehidupan di laut menjadi lebih baik.

"Setiap langkah kecil yang kita lakukan dapat membawa perubahan yang besar bagi dunia, sepanjang hal tersebut dilakukan bersama-sama," ujar Christine dalam keterangan tertulis yan diterima Kompas.com, Minggu (7/10/2018).

Dalam penanaman tersebut, Lagarde didamping Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang turut terlibat dalam pemasangan koral pada struktur  penyangga yang kemudian diletakkan di dasar laut oleh para relawan.

Perry mengataan, kecintaan akan kehidupan memerlukan ekosistem.

"Itulah yang kita lakukan di tengah rangkaian Annual Meetings 2018. Kita menjaga lingkungan dan mencintai kehidupan," kata Perry.

Pertemuan tahunan IMF-WBG akan digelar selama enam hari, mulai 9-14 Oktober 2018. Dalam penyelenggaraan tahun ini, sebanyak 27 ribu delegasi dari 189 negara sudah terkonfirmasi akan hadir di Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia yang dilaksanakan di kawasan Nusa Dua, Bali tersebut.

Sebanyak 23 kepala negara juga direncanakan akan menghadiri pertemuan yang diproyeksikan akan menjadi pertemuan IMF-WBG paling akbar sepanjang sejarah penyelenggaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com