Luhut dan Sri Mulyani Bawa Gagasan Asuransi untuk Laut dan Terumbu Karang

Kompas.com - 07/10/2018, 22:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Luhut Binsar Panjaitan KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan menekankan pentingnya menanam terumbu karang sebagai aset dunia di masa depan.

Menurut Luhut, karena sebanyak 27 persen terumbu karang di dunia terletak di wilayah perairan Indonesia, Indonesia harus menjaga potensi bahari tersebut.

"Yang ramai dibicarakan saat ini bagaimana pemerintah dan masyarakat dapat mengalihkan risiko kepada pihak ketiga untuk melindungi lingkungan laut. Yang artinya, mengasuransikan wilayah laut kita," ujar Luhut dalam acara penanaman terumbu karang di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10/2018), seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Luhut bersama panitia IMF-World Bank Group yang turut menanam terumbu karang mengajak masyarakat internasional berinvestasi untuk menyelamatkan ekosistem.

Terumbu karang di kawasan Nusa Dua, lanjut Luhut, mencakup 204 hektar dari garis pantai yang merupakan bagian dari Program Taman Terumbu Karang Indonesia.

Taman tersebut menyatukan ilmu pengetahuan dan aspek-aspek sosial-ekonomi dari pengelolaan ekosistem terumbu karang untuk penggunaan berkelanjutan.

Di tempat ini pula beragam terumbu karang dari perairan Indonesia akan ditransplantasikan.

"Kami berharap dapat menciptakan akuarium laut skala besar yang unik," kata Luhut.

Asuransi

Dalam acara yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa kegiatan ini memberi ide baru baginya untuk memberi asuransi untuk ekosistem kita sebagai salah satu aset dunia.

Menurut dia, populasi terumbu karang akan terancam dengan aktivitas manusia di wilayah perairan tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X