7 Gardu Induk Listrik di Wilayah Gempa Sulteng Kembali Aktif - Kompas.com

7 Gardu Induk Listrik di Wilayah Gempa Sulteng Kembali Aktif

Kompas.com - 08/10/2018, 06:39 WIB
Para petugas PLN dari seluruh Indonesia didatangkan ke Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu.KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR Para petugas PLN dari seluruh Indonesia didatangkan ke Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil memperbaiki tujuh Gardu Induk di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Diketahui, sebanyak 10 gardu induk listrik di Sulteng rusak akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu dan sekitarnya beberapa waktu lalu. Tujuh gardu induk yang sudah aktif kembali yakni GI Talise, GI Sidera GI Silae, GI Poso,GI Pamona, GI Pasangkayu, dan GI Parigi.

"Sabtu (6/10/2018), sebelum azan subuh berkumandang tim gabungan PLN berhasil menyalakan sebagian listrik di Donggala", ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda dalam keterangan tertulis, Minggu (7/10/2018).

Pasca gempa yang menimpa Palu dan Donggala pada Jumat (28/9/2018) lalu, PLN mengoperasikan 36 genset yang tersebar di beberapa titik di Donggala untuk memulihkan sementara sistem kelistrikan disana. Syamsul mengatakan, pada Sabtu malam, GI Pasangkayu sudah bisa menyuplai listrik ke Donggala.

"Saat ini kami juga berfokus untuk secara bertahap dapat memperbaiki seluruh infrastruktur kelistrikan di Donggala dikarenakan medan yang dilalui juga cukup berat", kata Huda.

Baca juga: Pulihkan Listrik Pasca Gempa Sulteng, PLN Kirim 40 Tenaga Ahli dan Teknisi

Di sisi lain, 35 dari 45 penyulang di Palu juga telah beroperasi. Tentunya hal ini akan mendongkrak beban puncak pemakaian listrik di Kota Palu.

"Sementara itu sebagian listrik di Sigi juga telah berhasil dinyalakan oleh tim gabungan PLN," kata Huda.

Masyarakat Donggala pun mengapresiasi PLN yang cepat tanggap memulihan kelistrikan. Kepala Pengadilan Negeri Donggala Djainuddin Karanggusi mengatakan, sejak semalam listrik di daerahnya (Donggala) sudah menyala.

"Terimakasih PLN yang telah berjuang memulihkan listrik di Palu dan Donggala," kata dia.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X