Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Meningkatkan Tabungan Sekaligus Mengurangi Pengeluaran Anda? Ini Tipsnya

Kompas.com - 08/10/2018, 10:41 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda ingin meningkatkan tabungan dan mengurangi pengeluaran, perencana keuangan Chris Hogan asal Amerika Serikat memberikan tipsnya.

Seperti dilansir Foxbusiness, dia  menyebutkan, untuk dapat meningkatkan jumlah dana dalam tabungan Anda, kemampuan untuk mengelola keuangan dan akuntabilitas adalah hal yang penting agar tetap fokus dan tidak mudah terganggu.

Salah satu faktor penting adalah keberadaan 'teman keuangan'. Menurut Hogan, teman keuangan ini adalah seseorang yang dipercaya dan disegani, artinya, orang tersebut memahami dan bersedia untuk menghentikan kegiatan konsumsi yang tidak perlu.

"Anda perlu untuk menemukan seseorang yang sangat jelas dan dapat berkata jujur, yang membuat Anda tetap berada pada jalur, sehinga Anda tidak lagi terganggu hanya karena diskon di mall atau di tempat lain. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih fokus," ucapnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Beda Risiko Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Sedangkan untuk tabungan jangka panjang, dia mengatakan, seseorang perlu untuk menyadari pentingnya penganggaran, seperti berapa banyaknya uang yang masuk dan diperlukan untuk keluarga dan gaya hidup.

Selain itu, seseorang juga perlu jujur mengenai situasi dan kelemahan kondisi keuangan kepada 'rekan keuangan' agar kemitraan tersebut berjalan dengan baik.

"Saya pikir ketika Anda menemukan seseorang dengan kemampuan yang lebih dari Anda, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan (tabungan), tapi sekali lagi, Anda harus jujur," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com