Ingin Meningkatkan Tabungan Sekaligus Mengurangi Pengeluaran Anda? Ini Tipsnya

Kompas.com - 08/10/2018, 10:41 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara. Dok. HaloMoney.co.idMenabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.

KOMPAS.com - Jika Anda ingin meningkatkan tabungan dan mengurangi pengeluaran, perencana keuangan Chris Hogan asal Amerika Serikat memberikan tipsnya.

Seperti dilansir Foxbusiness, dia  menyebutkan, untuk dapat meningkatkan jumlah dana dalam tabungan Anda, kemampuan untuk mengelola keuangan dan akuntabilitas adalah hal yang penting agar tetap fokus dan tidak mudah terganggu.

Salah satu faktor penting adalah keberadaan 'teman keuangan'. Menurut Hogan, teman keuangan ini adalah seseorang yang dipercaya dan disegani, artinya, orang tersebut memahami dan bersedia untuk menghentikan kegiatan konsumsi yang tidak perlu.

"Anda perlu untuk menemukan seseorang yang sangat jelas dan dapat berkata jujur, yang membuat Anda tetap berada pada jalur, sehinga Anda tidak lagi terganggu hanya karena diskon di mall atau di tempat lain. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih fokus," ucapnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Beda Risiko Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Sedangkan untuk tabungan jangka panjang, dia mengatakan, seseorang perlu untuk menyadari pentingnya penganggaran, seperti berapa banyaknya uang yang masuk dan diperlukan untuk keluarga dan gaya hidup.

Selain itu, seseorang juga perlu jujur mengenai situasi dan kelemahan kondisi keuangan kepada 'rekan keuangan' agar kemitraan tersebut berjalan dengan baik.

"Saya pikir ketika Anda menemukan seseorang dengan kemampuan yang lebih dari Anda, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan (tabungan), tapi sekali lagi, Anda harus jujur," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X