Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Dahsyat, Pangan Lokal Tingkatkan Stamina Wisatawan Asing di Bali

Kompas.com - 08/10/2018, 15:00 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Dengan menggandeng praktisi kesehatan, Kementerian Pertanian (Kementan) mensosialisasikan kecintaan terhadap pangan lokal di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali pada Minggu (7/10/2018).

Tempat yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun manca negara itu pun menjadi tempat mewartakan keunggulan pangan lokal terhadap stamina tubuh.

Praktisi kesehatan, dr. Hanson yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa pangan lokal seperti kopi, kedelai, kentang dan lainnya dapat meningkatkan dan mengembalikan stamina tubuh.

Dengan mengonsumsi pangan tersebut, kata Hanson, maka stamina akan kembali seperti stamina nenek moyang dan menampilkan inner beauty.

Lebih lanjut, Hanson mengungkapkan bahwa dalam konteks kesehatan holistik, semua hal yang baik bagi tubuh adalah yang bermanfaat membantu tubuh membangkitkan kembali potensi tubuh sesuai fitrah manusia.

Jadi, makanan bukan hanya untuk sehat, tapi juga untuk meningkatkan potensi dalam bekerja bahkan penampilan.

BACA JUGA: Gebrakan Kementan Agar Komoditas Pangan Lokal Berdaya Saing Global

“Makanan dan minuman baik sesungguhnya yang ideal dibutuhkan tubuh saat itu. Bukan hanya kualitas dan jenisnya, tapi juga kuantitasnya harus pas dan tepat,” ungkap dia. 

Menurut Handon, tubuh manusia memiliki kecerdasan alami atau body intelligence untuk tahu apa yang baik bagi tubuh dengan tepat. Body intelligence dan nutrisi pun saling berhubungan.

Untuk itu, makanan dan minuman yang baik meningkatkan potensi tubuh sehingga mampu membangkitkan kembali body intelligence untuk optimalnya potensi tubuh dan otak.

“Saat body intelligence tumbuh aktif kembali tubuh jadi punya kemampuan untuk mengembalikan stamina dalam hitungan detik. Hasilnya tubuh jadi tidak capai dan itu adalah tanda awal dari pulihnya seluruh potensi sejati diri,” ujar Hanson.

Lebih dalam, Hanson menjelaskan bahwa body intelligence yang optimal akan membantu manusia memilih makanan dan minuman yang baik dan nyaman bagi tubuh. Alhasil, saat manusia makan atau minum yang tidak baik bagi tubuh, manusia menjadi tidak koheren.

“Sebaliknya, kalau makan sesuai kebutuhan tubuh yang dapat diketahui melalui body intelligence, maka tubuh akan koheren,” jelasnya.

Makan dan minum sesuai prinsip body intelligence

Pada prinsipnya manusia makan dan minum bertujuan untuk memperkuat organ vital atau minimal tidak melemahkan. Namun, dalam body intelligence ada beberapa manfaat makan dan minum untuk tubuh.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com