Tingkatkan Partisipasi Ekonomi Masyarakat, Presiden Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes

Kompas.com - 08/10/2018, 20:10 WIB
Sejumlah nasabah Bank Wakaf Mikro mengikuti halaqoh mingguan di salah satu rumah nasabah, Krapyak, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (5/5/2018). Selain untuk membina nasabah Bank Wakaf Mikro, dalam kegiatan ini nasabah juga membayar angsuran pinjaman mereka. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESSejumlah nasabah Bank Wakaf Mikro mengikuti halaqoh mingguan di salah satu rumah nasabah, Krapyak, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (5/5/2018). Selain untuk membina nasabah Bank Wakaf Mikro, dalam kegiatan ini nasabah juga membayar angsuran pinjaman mereka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meluncurkan program Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Mawaridussalam di Deli Serdang, Senin, 8 Oktober 2018.

Dalam acara tersebut Jokowi didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, pejabat daerah setempat, pimpinan pondok pesantren, alim ulama, pimpinan industri jasa keuangan, tokoh masyarakat, santri, dan masyarakat sekitar.

Sebagaimana dikutip dari siaran pers OJK, peluncuran program tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden di Sumatera Utara, antara lain, pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, Dies Natalis ke 66 USU, dan Kegiatan Budaya Adat Melayu di Medan, Sumatera Utara.

Bank Wakaf Mikro itu diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat di Pondok Pesantren Mawaridussalam dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa pendirian Bank Wakaf Mikro merupakan terobosan baru dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yang memiliki pendapatan lebih. Dengan demikian mereka bisa mendonasikan sebagian hartanya membantu masyarakat yang tidak mampu.

"Saya mendukung upaya yang dilakukan oleh OJK untuk mendampingi pengembangan lembaga keuangan mikro, dalam hal ini berbentuk Bank Wakaf Mikro di seluruh penjuru negeri," ujar Jokowi dalam sambutannya saat pembukaan, sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Keberadaan Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat menjadi solusi dalam menyediakan permodalan bagi masyarakat menengah ke bawah yang belum tersentuh lembaga keuangan formal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesmepatan yang sama, Wimboh Santoso mengatakan, Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Mawaridussalam merupakan Bank Wakaf Mikro pertama yang diresmikan oleh Presiden RI di Sumatera Utara dan Bank Wakaf Mikro ke-33 yang beroperasi di seluruh Indonesia.

"Perhatian dan dukungan Bapak Presiden dalam mendorong pemberdayaan ekonomi umat, melalui pengembangan Bank Wakaf Mikro, telah memberikan motivasi dan penyemangat lebih bagi kami untuk terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan," kata Wimboh.

"Khususnya bagi para pelaku usaha kecil dan mikro yang belum terjangkau akses keuangan formal," lanjut dia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.