Ambil Alih Unit Bisnis Thomson Reuters, Blackstone Gelontorkan 20 Miliar Dollar AS - Kompas.com

Ambil Alih Unit Bisnis Thomson Reuters, Blackstone Gelontorkan 20 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 09/10/2018, 09:10 WIB
Ilustrasi dollar ASThinkstock.com Ilustrasi dollar AS

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan ekuitas raksasa Blackstone telah menyelesaikan investasi terbesarnya sejak krisis keuangan tahun 2008 dengan mengambil alih unit keuangan dan risiko Thomson Reuters.

Di dalam kesepakatan tersebut, konsorsium Blackstone yang dipimpin oleh dana ekuitas swasta mengambil alih 55 persen saham unit keuangan dan risiko Thomson Reuters senilai 20 miliar dollar AS. Adapun Thomson Reuters masih memegang 45 persen saham dari unit bisnis yang namanya akan diganti menjadi Refinitiv.

Degan membeli sebagian besar saham unit bisnis Thomson Reuters, Blackstone seakan menantang Bloomberg. Sebab, Reuters merupakan salah satu penyedia data pasar keuangan terbesar di dunia dengan lebih dari 40.000 nasabah institusi di 190 negara.

Dikutip dari CityA.M., sebagai bagian dari kesepakatan, refinitiv juga setuju untuk membayar 325 juta dollar AS per tahun selama 30 tahun mendatang kepada Reuters untuk membantu mendanai layanan berita.

Baca juga: Miliarder Dunia Ramai-ramai Beli Perusahaan Media, Ada Apa?

Thomson Reuters sendiri memperoleh sekitar 17 miliar dollar AS dalam hasi tunai penjualan saham setelah kesepakatan di antara keduanya diketuk.

Sekitar 10 miliar dollar AS dana yang berhasil didapatkan akan dikembalikan ke pemegang saham, adapun 4 miliar dollar AS akan digunakan untuk menebus utang, dan 2 miliar dollar AS sisanya digunakan untuk mendanai akuisisi.

Chief Executive Refinitiv David Craig mengatakan, mementum kali ini adalah hal yang unik, sebab, usia dari bisnis keuangan dan risiko Thomson Reuters telah memasuki 160 tahun dan saat ini berganti nama dengan Refinitiv.

"Kami sangat yakin bahwa pasar yang efisien, transparan, dan terpercaya baik untuk semua pihak, dan peran Refinitiv adalah menyediakan akses kepada data yang lebih bersih dan konsisten dalam skala global," ujar dia.

"Dengan dukungan investor kami, Refinitv akan terus memberikan data yang penting dan penuh wawasan serta terbukanya infrastuktur tekonologi sesuai dengan harapan pasar untuk mendorong kemajuan bagi pelanggan kami di sektor perdagangan, risiko, perbankan, kekayaan dan manajemen investasi serta di berbagai bidang lain seperti ekjahatan keuangan dan ESG. Kami menantikan saat-saat yang menyenagkan ke depan," lanjut dia.

Managing Director Blackstone Eli Nagler pun mengatakan pihaknya antusias dengan kerjasama ini dan berharap dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan teknologi dari Refinitiv.




Close Ads X