Bos BCA Tekankan Pentingnya Jaga Inflasi di Tengah Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 09/10/2018, 12:44 WIB
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja di ICE, Serpong, Tangerang, Jumat (9/2/2018). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOPresiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja di ICE, Serpong, Tangerang, Jumat (9/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi melemahnya rupiah terhadap dollar AS, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan pentingnya kehati-hatian dalam menjaga harga-harga supaya inflasi tetap rendah.

Sebab, melemahnya rupiah terhadap dollar AS akan berpengaruh pada kenaikan harga-harga barang modal dan bahan baku produksi yang sebagian besar impor. Hingga September 2018, Badan Pusat Statistik mencatatkan posisi inflasi secara tahunan sebesar 2,88 persen atau akan sesuai target akhir tahun 3,5 plus minus 1 persen.

"Kenaikan harga itu harus dilihat dampak ke inflasi berapa besar. Kita doakan kita bisa terus kendalikan inflasi sehingga inflasi tidak terlalu tinggi. Karna kita kan harus balanced ya antara kurs, suku bunga, dan inflasi," jelas Jahja ketika memberi penjelasan kepada awak media, Selasa (9/10/2018).

Dia menjelaskan, industri perbankan saat ini cenderung lebih siap dalam menghadapi depresiasi rupiah dibanding krisis moneter yang melanda Indonesia pada 1998. Menurutnya, pengelolaan valuta asing (valas) di industri perbankan Indonesia jauh lebih baik dibandingkan 20 tahun lalu.

Sehingga, tidak ada lagi spekulan yang memanfaatkan momentum pelemahan rupiah.

"Jadi saya kira sepanjang tidak ada kepanikan jadi bisa terkendali," ujar Jahja.

Sebagai informasi, berdasarkan data spot Bloomberg pada pukul 12.14 WIB, rupiah terdepresiasi 0,06 persen menjadi Rp 15.226 per dollar AS.

Sementara pada penutupan perdagangan Senin (08/10/2018) lalu, rupiah bertengger pada posisi Rp 15.217 per dollar AS. Sementara secara tahunan, rupiah telah terdepresiasi sebesar 12,33 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X