IMF: Indonesia Sukses Hadapi Tekanan Ekonomi Global - Kompas.com

IMF: Indonesia Sukses Hadapi Tekanan Ekonomi Global

Kompas.com - 09/10/2018, 13:25 WIB
Press briefing World Economic Outlook oleh Dana Moneter Internasional (IMF) pada Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Hotel Westin-BICC Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Press briefing World Economic Outlook oleh Dana Moneter Internasional (IMF) pada Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Hotel Westin-BICC Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com – Dana Moneter Internasional ( IMF) menyatakan, Indonesia merupakan salah satu contoh sukses negara yang berhasil menghadapi tekanan ekonomi global. Kondisi tersebut akhirnya berdampak pula pada stabilitas ekonomi dalam negeri.

“Indonesia memiliki kisah sukses, meskipun kami menurunkan proyeksi karena pengetatan kebijakan moneter, (kenaikan) harga minyak, dan perang dagang AS-China, tapi kami lihat pertumbuhan masih cukup kuat,” kata kepala ekonom IMF Maurice Obstfeld dalam press briefing laporan World Economic Outlook 2018 pada Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).

Obstfeld pun mengungkapkan, pemerintah Indonesia masih memiliki kesempatan untuk membawa Indonesia ke level pertumbuhan ekonomi yang lebih konsisten. Ini sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang terjadi di Indonesia pula.

Indonesia lanjut dia, akan bisa memperoleh penerimaan pajak yang lebih banyak. Caranya adalah dengan berinvestasi di sektor pendidikan, infrastruktur, dan jaring pengamanan sosial. Intinya, kata dia, Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Baca juga: IMF: Tak Perlu Khawatir Berlebihan soal Pelemahan Rupiah

“Ini akan menguntungkan banyak orang. Kami ingin Indonesia melihat hal itu, untuk menaikkan sumber daya manusia,” tutur Obstfeld.

Dalam laporannya, IMF mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 5,1 persen pada tahun 2018. Dalam laporan IMF sebelumnya pada April 2018 lalu, IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen pada tahun ini.

Pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen untuk Indonesia ini juga diperkirakan terjadi pada tahun 2019. Dalam laporan IMF pada April 2018 lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 diperkirakan mencapai 5,5 persen.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X