Dua Lagi Proyek Strategis Nasional Rampung Oktober Ini

Kompas.com - 10/10/2018, 22:38 WIB
Presiden Jokowi (kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018). Bendungan yang ditargetkan rampung pada 2019 ini merupakan salah satu dari tiga bendungan di Sulawesi Selatan yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional, diharapkan nantinya dapat menunjang dan mewujudkan swasembada pangan serta mengantisipasi banjir khususnya di Kabupaten Wajo. SETPRES/AGUS SUPARTOPresiden Jokowi (kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018). Bendungan yang ditargetkan rampung pada 2019 ini merupakan salah satu dari tiga bendungan di Sulawesi Selatan yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional, diharapkan nantinya dapat menunjang dan mewujudkan swasembada pangan serta mengantisipasi banjir khususnya di Kabupaten Wajo.

NUSA DUA, KOMPAS.com - Hingga akhir Oktober 2018 ini terdapat dua proyek strategis nasional (PSN) lagi yang selesai. Dengan demikian, secara keseluruhan jumlah PSN yang telah selesai hingga bulan Oktober 2018 sebanyak 32 proyek.

Kedua proyek itu adalah proyek Kereta Api Prabumulih – Kertapati (bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sumatera), dan Bendungan Raknamo, Nusa Tenggara Timur.

Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, dengan selesainya dua proyek tersebut maka estimasi PSN hingga 2019 nanti yakni, 44 proyek dan 1 program ketenagalistrikan dalam tahap konstruksi dan mulai beroperasi.

Kemudian 28 proyek konstruksi dan akan mulai beroperasi di 2018, 49 proyek konstruksi dan akan mulai beroperasi di 2019, 41 proyek dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi setelah 2019, dan 6 proyek dalam tahap transaksi.

Baca juga: Darmin: Penundaan Proyek Strategis Nasional Bisa Capai 6 Tahun

Serta 53 proyek dan 1 program industri pesawat dalam tahap penyiapan. KPPIP sendiri telah menargetkan 10 PSN selesai pada akhir tahun 2018.

"Bila semua berjalan sesuai target, secara kumulatif terdapat 40 PSN yang akan selesai dalam kurun waktu 2016 – 2018," sebut Wahyu seperti dilansir Kontan, Rabu (10/10/2018).

Informasi saja, KPPIP menargetkan estimasi pada kuartal III 2019, total 66 PSN akan selesai serta 93 proyek plus dua program mulai beroperasi dengan kondisi seluruh PSN sudah masuk dalam tahap konstruksi.

Meski begitu, ada satu hal yang perlu dicatat, 44 proyek dan satu program ketenagalistrikan telah mulai beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat meskipun belum mendapat status selesai.

Misalnya, Bandara Kertajati, Bendungan Tanju, Jalan Tol Gempol - Pasuruan, Palapa Ring Paket Barat, Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Bogor Ring Road. Proyek-proyek tersebut adalah proyek yang telah mulai beroperasi dan mulai digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Hanya saja, masih ada beberapa bagian/fase/paket/ruas dari proyek tersebut yang belum sepenuhnya selesai pengerjaannya karena bisa jadi sebuah proyek memakan pengerjaan waktu yang cukup lama sehingga KPPIP belum melebeli proyek tersebut selesai.

"Namun yang paling penting adalah bagaimana proyek itu sudah bisa digunakan dan akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi pada wilayah tersebut," ucap Wahyu. (Sinar Putri S.Utami)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Dua lagi proyek strategis nasional kelar bulan ini


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X