Bank Dunia Luncurkan Indeks Modal Manusia, Indonesia Peringkat 87

Kompas.com - 11/10/2018, 12:33 WIB
ilustrasi keluarga lintas 3 generasi berlibur besama. Jack Hollingsworth / Getty Imagesilustrasi keluarga lintas 3 generasi berlibur besama.

NUSA DUA, KOMPAS.com - Grup Bank Dunia dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia hari ini, Kamis (11/10/2018), merilis Human Capital Index (HCI) atau Indeks Modal Manusia.

Ini adalah indikator baru dalam melihat pengaruh kebijakan pemerintah terhadap potensi kemampuan sumber daya manusia dari berbagai segi.

Secara umum, Indeks Modal Manusia menunjukkan kebijakan pemerintah yang memastikan kesehatan dan pendidikan penduduknya berbanding lurus dengan potensi mereka sebagai angkatan kerja di masa mendatang.

Dalam dokumen Indeks Modal Manusia 2018 yang diterima Kompas.com dari Bank Dunia pada Kamis siang, tercatat Indonesia menempati peringkat ke-87 dari total 157 negara yang mendapat peringkat. Indonesia mendapat nilai 0,53 dalam Indeks Modal Manusia dengan batas bawah 0,52 dan batas atasnya 0,55.

Berdasarkan penjelasan dari Bank Dunia, Indeks Modal Manusia ditampilkan dalam rentang nilai antara 0 dan 1. Semakin nilai suatu negara mendekati angka 1, maka produktivitas penduduknya dipastikan sangat tinggi, didukung oleh lingkungan hidup yang sehat dan pendidikan yang mumpuni.

Nilai yang diraih Indonesia sebesar 0,52 termasuk jauh lebih baik di atas rata-rata negara berpenghasilan menengah ke bawah yang nilainya 0,48.

Meski begitu, capaian Indeks Modal Manusia Indonesia masih di bawah rata-rata Asia Timur dan Pasifik yang nilai rata-ratanya 0,62.

"Nilai tersebut mencerminkan bahwa meski Indonesia telah mencapai kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir, masih ada defisit modal manusia akibat terakumulasinya kekurangan investasi selama beberapa dekade," tulis Bank Dunia dalam laporannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X