Jokowi: Tanpa Kegagalan, Inovasi Tak Akan Ada - Kompas.com

Jokowi: Tanpa Kegagalan, Inovasi Tak Akan Ada

Kompas.com - 11/10/2018, 16:10 WIB
Presiden Joko Widodo usai memberikan sambutan pada acara Bali Fintech Agenda yang merupakan rangkaian dari Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Presiden Joko Widodo usai memberikan sambutan pada acara Bali Fintech Agenda yang merupakan rangkaian dari Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyoroti perkembangan layanan keuangan berbasis teknologi ( fintech) yang amat pesat. Secara umum, Jokowi juga memandang perkembangan teknologi dan internet dalam 25 tahun terakhir yang sangat mengesankan di dunia.

Hulu dari semua kemajuan tersebut, ungkap Jokowi, adalah inovasi. Menurut Kepala Negara, di dalam inovasi tidak terlepas dari kegagalan.

Namun demikian, Jokowi menuturkan, kegagalan tidak boleh menghentikan keberlanjutan inovasi. Sebab, tanpa adanya kegagalan, maka inovasi tidak akan pernah terwujud.

"Di dalam inovasi mungkin (terjadi) gagal, tapi itulah eksperimen. Tanpa itu, tidak ada inovasi," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Bali Fintech Agenda, yang merupakan rangkaian acara IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

Jokowi menuturkan, di dalam mendukung berkembangnya inovasi, maka regulasi sepatutnya tidak ketat. Sebab, ini akan mendorong kegiatan ekonomi menjauh dari ruang siber.

Akan tetapi, pada saat bersamaan, regulasi pun harus tetap melindungi keamanan konsumen. Sehingga, stabilitas tetap terjaga dengan baik.



Close Ads X