Bitcoin dkk Kembali Terpuruk, 13 Miliar Dollar AS Hangus dalam 3 Jam - Kompas.com

Bitcoin dkk Kembali Terpuruk, 13 Miliar Dollar AS Hangus dalam 3 Jam

Kompas.com - 11/10/2018, 16:30 WIB
Cryptocurrency on a circuit boardThinkstockphotos.com Cryptocurrency on a circuit board

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga Bitcoin anjlok bersama mata uang digital lainnya pada perdagangan Kamis (11/10/2018). Akibatnya hampir 13 miliar dollar AS hilang dari pasar cryptocurrency hanya dalam waktu 3 jam.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, pada pukul 10:23 waktu Singapura, bitcoin jatuh hampir 5 persen menjadi 6.303 dollar AS. Sementara mata uang digital lainnya, XRP dan ethereum melorot lebih dari 10 persen.

Dengan hasil ini, bitcoin, XRP maupun ethereum belum bisa kembali pulih ke  rekor tertingginya seperti pada akhir 2017 dan awal tahun ini. Bitcoin lebih rendah 68 persen dari rekor tingginya 19.783,21 dollar AS pada 17 Desember tahun lalu.

Anjloknya nilai mata uang digital ini seiring dengan adanya peringatan baru dari Dana Moneter Internasional (IMF) tentang pertumbuhan pesat mata uang crypto dan potensi ancaman terhadap perekonomian.

Baca juga: Kembangkan Bitcoin dan Blockchain, Indonesia Kerja Sama dengan Jepang


"Pertumbuhan yang kiat cepat dari aset crypto dapat menciptakan kerentanan baru dalam sistem keuangan internasional," sebut IMF dalam sebuah laporan baru-baru ini.

Para pelaku cryptocurrency berharap 2018 akan menjadi tahun regulator bisa ikut berpartisipasi untuk memprofesionalkan perdagangan aset digital melalui kebijakan produk keuangan baru seperti halnya saham yang diperdagangkan di bursa.

Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Di Amerika Serikat misalnya, SEC  menolak beberapa kontrak investasi terkait mata uang digital. Sementara di negara lain, seperti China menerapkan regulasi keras pada cryptocurrency ini.

Pada saat yang sama, tahun ini ada peretasan tingkat tinggi pada pertukaran cryptocurrency serta sejumlah penipuan yang terkait dengan orang-orang yang melakukan penawaran koin pada masa awal.




Close Ads X