6 Trik untuk Menghemat Uang dari Penerbangan di Musim Liburan

Kompas.com - 12/10/2018, 08:12 WIB
Ilustrasi liburanmaxsaf Ilustrasi liburan

NEW YORK, KOMPAS.com - Jika Anda ingin mengunjungi sanak-keluarga di luar pulau atau keluar sejenak dari rutinitas pekerjaan padat, ingat perjalanan ini bisa menjadi mahal apalagi jika menggunakan transportasi udara.

Namun, ada cara untuk menghindari biaya tambahan dan menghemat sedikit uang untuk penerbangan selama musim liburan ini. Seperti, Anda bersedia fleksibel dengan tanggal dan waktu pesawat, maskapai penerbangan, dan bandara. Anda akan dapat menghemat uang tunai yang tak tanggung-tanggung.


1. Pesan penerbangan jauh hari atau pada menit terakhir

Anda kemungkinan besar akan menemukan harga tiket pesawat yang bagus jika Anda membeli sekitar dua bulan sebelumnya saa karena harga cenderung meningkat mendekati musim liburan.

Namun, Anda juga bisa mengecek situs-situs yang menawarkan penawaran menit terakhir yang layak untuk dicoba. Hal ini perlu dilakukan jika Anda memutuskan untuk membuat rencana perjalanan lebih dekat dengan liburan.

2. Lacak penerbangan yang Anda minati 

Jika Anda merencanakan perjalanan dadakan, gunakan alat pelacak Google Flights untuk terus memantau penerbangan yang termurah.

Google Flights juga memungkinkan Anda menemukan berbagai tanggal penerbangan dengan mudah sehingga Anda dapat menemukan waktu termurah untuk bepergian.

3. Bersikap fleksibel tentang waktu penerbangan

Anda dapat menghemat uang untuk penerbangan menit terakhir dengan memilih terbang pagi atau larut malam. Penerbangan saat itu mungkin bukan pilihan pertama Anda, tapi itu akan menghemat uang dan memberi Anda sedikit waktu ekstra di tujuan Anda.

4. Gunakan aplikasi dan situs perjalanan yang kurang dikenal 

Anda harus sedikit berusaha untuk hal ini, karena di beberapa negara situs penyedia tiket pesawat online belum menjamur. Jika ada ke AS, coba lihat ITA Matrix, Flight Deal, dan Skiplagged untuk transaksi ini.

Halaman:



Close Ads X