AP II Sepakati 3 Kerja Sama dalam Acara IMF, Ini Rinciannya - Kompas.com

AP II Sepakati 3 Kerja Sama dalam Acara IMF, Ini Rinciannya

Kompas.com - 13/10/2018, 11:19 WIB
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin bersama Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Praminto saat menandatangani kerja sama di Jakarta, Senin (27/8/2018).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin bersama Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Praminto saat menandatangani kerja sama di Jakarta, Senin (27/8/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com - Salah satu BUMN yang bergerak di sektor kebandarudaraan, PT Angkasa Pura II (Persero), menyepakati tiga kerja sama yang dilakukan dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Jumat (12/10/2018).

Tiga kesepakatan yang dimaksud adalah untuk e-payment, pengembangan Bandara Kualanamu, dan pemeliharaan Automated People Mover System (APMS) atau skytrain di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tanda tangan MoU (Memorandum of Understanding) kami bersama PT Telekomunikasi Selular, PT Danareksa Sekuritas, dan PT LEN Industri (Persero)," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (13/10/2018).

Awaluddin menjelaskan, MoU dengan Telkomsel adalah mengenai layanan transaksi pembayaran berbasis digital. Kemudian dengan Danareksa kerja sama dalam bentuk kemitraan strategis dalam rangka mengembangkan Bandara Kualanamu, serta dengan LEN untuk skytrain di Soekarno-Hatta.

Baca juga: Angkasa Pura II dan Telkomsel Jalin Kerja Sama “Airport Community”

Pada saat bersamaan, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengungkapkan, implementasi dari kerja sama dengan AP II akan bisa dirasakan oleh penumpang, pengunjung, hingga pekerja bandara dalam waktu dekat.

Produk yang akan ditawarkan di antaranya layanan telekomunikasi dan pembayaran berbasis digital seperti paket data dan sistem e-payment di lingkungan bandara yang dikelola AP II.

Presiden Direktur Danareksa Sekuritas Jenpino Ngabdi menambahkan, kerja sama AP II dengan mereka adalah dalam mencari calon mitra usaha untuk pengembangan Bandara Kualanamu. Nilai investasi sindikatif untuk tawaran pengembangan Bandara Kualanamu tersebut sebesar 500 juta dollar AS.

Baca juga: Angkasa Pura II Gelontorkan Rp 4,8 Miliar Bangun Balkondes di Dekat Borobudur

"Langkah awal yang positif ini akan jadi stimulus bagi calon investor di Bandara Kualanamu. Kami optimistis pendanaan serta pengembangan Bandara Kualanamu akan berdampak positif bagi seluruh pihak di sana," tutur Jenpino.

Dalam hal pemeliharaan skytrain, Direktur Utama PT LEN Industri Zakky Gamal Yasin menuturkan kerja sama dengan AP II sebagai bentuk sinergi yang membuat operasional skytrain akan berkelanjutan dan terus berkembang.

Baca juga: Angkasa Pura II Serahkan Pengelolaan Balkondes Tegal Arum ke Warga Desa

Awaluddin juga berharap melalui keterlibatan PT LEN, operasional skytrain bisa lebih tepat waktu sehingga layanan bagi pengguna jasa dapat lebih baik lagi.

"Harapannya, perusahaan ini bisa menjadi pelopor pengembangan dan pemeliharaan moda transportasi yang lebih maju," ujar Zakky.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X