Kompas.com - 13/10/2018, 13:44 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara Global Infrastructure Forum 2018 di The Laguna Hotel, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANWakil Presiden Jusuf Kalla pada acara Global Infrastructure Forum 2018 di The Laguna Hotel, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, diperlukan pembiayaan infrastruktur jangka panjang. Skema pembiayaan yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur pun harus efisien.

"Soal infrastruktur ini tidak akan pernah berhenti karena kemajuan teknologi dan jumlah penduduk, karena ingin efisien, karena itu harus digalang suatu pembiayaan jangka panjang," kata Kalla di sela-sela seminar Global Infrastructure Forum 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018).

Kalla menyampaikan, pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur bisa dilihat dari proyek yang komersial dan nonkomersial. Adapun pendanaan yang komersial dapat  diberikan untuk sektor swasta, sehingga tidak mengandalkan uang negara.

"Yang komersial seperti listrik, elektrik, jalan tol, itu dapat dibiayai oleh sumber swasta. Tapi kalau seperti jalan raya biasa, pengairan, pelabuhan di luar Jawa, itu harus dibiayai oleh pemerintah, bisa dengan bantuan jangka panjang, baru bisa selesai," tutur Kalla.

Adapun skema pembiayaan infrastruktur pun dapat dilakukan dengan pendanaan secara bersama-sama. Kalla menuturkan, Bank Pembangunan Asia (ADB) bisa menjadi salah satu sumber alternatif pembiayaan yang dapat dimanfaatkan pemerintah guna membangun infrastruktur.

“Itu dia, harus diusahakan bersama komersial, bersama-sama, karena kalau bertahap demi tahap itu lama ruginya juga, lama subsidinya, dan meyakinkan orang untuk pakai transportasi umum juga tidak mudah kalau hanya separuh-separuh,"  ungkap Kalla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.