Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Ketua The Fed, Gubernur BI Sampaikan Bauran Kebijakan di Indonesia

Kompas.com - 14/10/2018, 11:11 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bertemu dengan Chairman of the Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat, Jerome Powell, di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018, Jumat (12/10/2018).

Pertemuan tersebut berlangsung singkat, namun digunakan sebagai momen oleh Perry untuk mengkomunikasikan bauran kebijakan yang diterapkan Indonesia dalam menghadapi dampak normalisasi di AS.

The Fed sebelumnya mengatakan masih akan terus menaikkan suku bunga beberapa kali lagi hingga tahun depan, sebagai upaya normalisasi kondisi ekonomi di AS. Kenaikan suku bunga dilakukan seiring membaiknya kinerja perekonomian AS yang jika tidak dibarengi dengan kenaikan suku bunga, berpotensi meningkatkan inflasi yang dampaknya tidak baik bagi ekonomi negara adidaya itu.

"Dengan The Fed, saya hadir di situ bersama Pak Gubernur, disampaikan bagaimana kami showcase kepada Jerome Powell mengenai bauran kebijakan yang kami lakukan dalam tekanan global, khususnya dari sisi pasar keuangan," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Dody Budi Waluyo dalam konferensi pers di Nusa Dua Beach Hotel, Sabtu (13/10/2018).

Baca juga: Trump: The Fed Terlalu Cepat Menaikkan Suku Bunga

Dody menjelaskan, bauran kebijakan yang disampaikan pada Powell adalah dalam bentuk kebijakan moneter, makroprudensial, dan koordinasi yang erat dengan pemerintah untuk kebijakan fiskalnya. Perry juga menyampaikan bagaimana BI dengan menteri-menteri terkait di bidang ekonomi sama-sama melihat masalah yang ada dan merumuskan kebijakan bersama.

"Kebijakan-kebijakan kita yang front loading, preemptive, dan ahead the curve (mendahului kecenderungan), diapresiasi oleh Powell," tutur Dody.

Pertemuan keduanya disebut Dody berlangsung singkat karena padatnya agenda masing-masing di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Meski begitu, beberapa hari sebelumnya BI bersama The Fed Cabang New York telah mengadakan acara bersama bertajuk Central Banking Forum 2018.

Dalam forum itu, The Fed berjanji untuk terus berkoordinasi dengan bank sentral negara-negara lain dalam meminimalkan dampak kenaikan Fed Fund Rate. The Fed juga memberi sinyal kenaikan suku bunga acuan akan mereka lakukan secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com