Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Angkat Bicara soal Jiwasraya yang Gagal Bayar

Kompas.com - 15/10/2018, 15:12 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwasraya kini tengah dilanda masalah likuiditas. Akibatnya, asuransi BUMN itu menunda pembayaran polis asuransi yang dipasarkan melalui bank (bancassurance) yang jatuh tempo Oktober 2018.

Mengutip Kontan.co.id, ada tujuh bank yang menjadi agen penjual produk asuransi Jiwasraya. Mereka adalah PT Bank Tabungan Negara (BTN), Bank ANZ, Bank QNB, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank KEB Hana, PT Bank Victoria dan Standard Chartered Indonesia.

Salah satu dari ketujuh bank tersebut yakni BTN pun angkat bicara. Manajemen BTN menilai masalah yang kini tengah menimpa Jiwasraya antara lain murni merupakan masalah internal yang dihadapi oleh perusahaan asuransi tersebut.

Menurut Direktur Konsumer BTN Budi Satria, kini pihak Jiwasraya tengah mengupayakan penyeselesaian secara internal termasuk dengan melibatkan pemegang saham.

Sementara itu terkait produk yang ditawarkan ke nasabah, pihaknya menjelaskan bahwa dalam memasarkan produknya kepada masyarakat, perbankan bakal mengacu ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Jiwasraya bekerja sama dengan beberapa perbankan melalui mekanisme bancassurance. Dengan demikian kerjasama tidak hanya dilakukan antara Jiwasraya dengan BTN saja, namun juga dengan beberapa bank lainnya," ujarnya, Minggu (14/10/2018) malam.

BTN mengatakan Jiwasraya sedang dalam proses penyelesaian permasalahan dan meminta bagi masyarakat, khususnya nasabah BTN yang memiliki produk perusahaan asuransi ini diharapkan untuk tetap tenang hingga masalah teratasi.

"Sebagai BUMN, Bank BTN bersama perbankan lainnya akan bersama-sama menunggu Jiwasraya di dalam menyelesaikan permasalahannya dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Adapun, mengenai hal lain menyangkut kasus ini. Budi belum dapat merinci secara detail lantaran pihaknya belum mengikuti rapat koordinasi penyelesaian kasus tersebut.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Gagal bayar Jiwasraya, BTN angkat bicara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com