Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer: Bos Mayapada Tukar Dollar hingga Jiwasraya Tunda Bayar Polis

Kompas.com - 16/10/2018, 06:09 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Bos Mayapada Group Tukarkan Dollar ke Rupiah Senilai Lebih dari Rp 2 Triliun

Pemimpin Mayapada Group sekaligus orang terkaya nomor delapan di Indonesia, Dato Sri Tahir, baru saja menukarkan uang dollarnya menjadi rupiah dengan nilai lebih dari Rp 2 triliun.

Adapun sumber dana dari uang tersebut merupakan dana pribadi yang terdiri dari mata uang dollar AS dan dollar Singapura.

"Jadi kita berikan bukti ke Gubernur (BI) dalam minggu lalu total kita telah mengganti dollar sebesar 93 juta dollar AS dan 55 juta dollar Singapura. Ini pribadi tidak berkaitan dengan korporasi," ujar dia ketika ditemui awak media di gedung Bank Indonesia, Senin (15/10/2018).

Namun, pihaknya tak memberikan alasan yang pasti mengenai momentum penukaran uangnya ini.

Baca selengkapnya: Bos Mayapada Group Tukarkan Dollar ke Rupiah Senilai Lebih dari Rp 2 Triliun

2. Rupiah Kembali Melemah ke Posisi Rp 15.250 Per Dollar AS

Nilai tukar rupiah kembali mengalami pelemahan terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Senin (15/10/2018). Berdasarkan data Bloomberg pukul 10.24 WIB, di pasar spot rupiah terkoreksi 0,35 persen ke level Rp 15.250 per dollar AS.

Sementara pada kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah 0,03 persen ke Rp 15.246 per dollar AS.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, analis monex Investindo Futures, Faisyal mengatakan, pelemahan rupiah merupakan imbas dari menguatnya dollar AS terhadap beberapa mata uang utama dunia, salah satunya euro.

Hal ini mengingat masih banyak sentimen negatif yang menyeliputi kawasan Eropa, seperti belum selesainya masalah anggaran Pemerintah Italia dan perdebatan soal perjanjian Brexit.

Baca selengkapnya: Rupiah Kembali Melemah ke Posisi Rp 15.250 Per Dollar AS

3. Cerita Gubernur Bali dengan Tim Spiritualnya Dukung Pertemuan IMF-Bank Dunia

Pemerintah Provinsi Bali ikut mendukung kelancaran Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia yang diselenggarakan mulai 8 sampai 14 Oktober 2018. Salah satu bentuk dukungannya adalah melalui tim spiritual yang dibentuk khusus untuk mendoakan kelancaran selama acara tersebut berlangsung.

"Kami membentuk tim spiritual untuk mendoakan sejak awal sampai dikawal tanggal 15 masih berlangsung. Di sejumlah titik, acara ritual masih berlangsung," kata Gubernur Bali I Wayan Koster saat konferensi pers Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali Collection, Sabtu (13/10/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com