Defisit Anggaran Amerika Capai 779 Miliar Dollar AS, Tertinggi Sejak 2012

Kompas.com - 16/10/2018, 11:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Defisit pemerintah pusat Amerika Serikat tahun ini melambung 17 persen dibandingkan tahun lalu. Pemerintah Donald Trump mencatatkan defisit sebesar 779 miliar dollar AS pada tahun fiskal 2018 berdasarkan data final yang dirilis pada Senin (15/10/2018) waktu setempat oleh Departemen Keuangan AS.

Dikutip dari CNN, angka ini adalah yang tertinggi sejak tahun 2012, ketika negara adidaya tersebut membutuhkan banyak dana sebagai stimulus ekonomi yang sedang berada pada tahap pemulihan.

Sementara, penerimaan pemerintah tahun ini cenderung stagnan. Penerimaan yang berasal dari pajak korporasi turun 76 miliar dollar AS, atau 22 persen lantaran kebijakan pemerintah untuk memotong pajak. Akan tetapi turunnya penerimaan pajak korporasi diimbangi dengan meningkatnya penerimaan pajak individual.

Baca juga: Per 31 Agustus, Defisit APBN Sentuh Rp 150,7 Triliun

Pengeluaran pemerintah pun meningkat 3 persen dibanding tahun sebelumnya, sebagian didorong oleh peningkatan anggaran pertahanan yang disepakati pada September 2017 sebagai bagian dari kesepakatan antara Partai Republik dan Demokrat untuk menghindari penghentian pemerintahan. Jaminan sosial serta bunga dari utang pemerintah juga menjadi faktor meningkatnya pengeluaran pemerintah tahun ini.

Committee for a Responsible Federal Budget, organisasi non profit setempat yang mengawasi isu fiskal dan keuangan pemerintah memerkirakan defisit tahun depan bahkan bisa mencapai 1 triliun dollar AS.

Angka tersebut memang masih lebih rendah dari defisit tahun 2009 yang mencapai 1,4 triliun dollar AS namun dalam kondisi ekonomi yang berbeda.

"Anggota kongres yang terpilih tahun ini akan menghadapi pilihan yang sulit untuk menurunkan utang dan melindungi berbagai program sosial nasional dari kebangkrutan. Ini bukan lagi masalah di masa depan," ujar pimpinan organisasi tersebut Maya MacGuineas.

Sementara di sisi lain, Gedung Putih tetap bersikukuh akan memotong lebih banyak anggaran program sosial untuk mengimbangi peningkatan anggaran militer.

Angka defisit ini sejalan dengan proyeksi awal bulan Congressional Budget Office (CBO), pencatat resmi kebijakan fiskal pemerintah federal. Pada bulan Juni, CBO memproyeksikan bahwa defisit akan meningkat menjadi 9,5 persen dari PDB pada 2048.

Juga pada bulan Juni, utang federal - yang mengumpulkan defisit tahunan dari waktu ke waktu - mencapai 78 persen dari produk domestik bruto, angkat tertinggi tepat setelah Perang Dunia II.

Di sisi lain, ketika suku bunga naik, pemerintah juga harus menghadapi tingkat utang yang membengkak. Departemen Keuangan tahun lalu telah menghabisnkan 522 miliar dollar AS hanya untuk membayarkan bunga utang saja, angka tersebut meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.