Kompas.com - 16/10/2018, 13:00 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Asia mencapai 5,6 persen pada tahun 2018. Adapun pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut diprediksi mencapai 5,4 persen.

Dalam laporan Regional Economic Outlook Asia and Pacific edisi Oktober 2018 yang dirilis pada Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali pekan lalu, IMF menyebut e-commerce merupakan salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Asia. IMF memandang, e-commerce memiliki potensi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: IMF Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Asia 5,6 Persen Tahun Ini

"Bagi konsumen, e-commerce dapat diterjemahkan sebagai akses yang lebih baik ke lebih banyak produk dan layanan dengan harga yang lebih terjangkau, akhirnya mendorong konsumsi," tulis IMF dalam laporannya.

Adapun bagi korporasi-korporasi, e-commerce juga memberikan kesempatan bisnis baru dan akses yang lebih luas ke pasar. Pada akhirnya, kondisi ini akan menggenjot investasi.

Sebuah analisis ekonometri yang dilakukan IMF menunjukkan, partisipasi di perdagangan online diasosiasikan dengan peningkatan total faktor produktivitas sebanyak lebih dari 30 persen di Asia. Selain itu, terjadi pula peningkatan ekspor sebesar 50 persen.

"Yang menarik, e-commerce juga secara spesifik menguntungkan bagi usaha kecil di Asia," ujar IMF.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum, IMF menyatakan Asia adalah pemimpin dalam hal e-commerce dan layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech). Misalnya saja, satu dekade lalu, China menyumbang 1 persen dari total transaksi ritel e-commerce global, namun kini angkanya sudah melonjak menjadi 40 persen.

Penetrasi e-commerce di China saat ini mencapai 15 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan AS yang baru mencapai 10 persen. Penetrasi e-commerce di negara-negara lainnya di Asia cenderung rendah, namun tumbuh sangat pesat di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.