Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Asian Games 2018, Pengeluaran Wisatawan Tembus Rp 3,7 Triliun

Kompas.com - 16/10/2018, 15:04 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa Asian Games 2018 telah membawa sejumlah dampak terhadap perekonomian Indonesia.

Asian Games 2018 yang dihelat di Jakarta dan Palembang telah berakhir sebulan lalu. Selama sebulan Asian Games 2018, tercatat sebanyak Rp 3,7 triliun dikeluarkan wisatawan baik asing maupun domestik.

"Dari 78.854 wisatawan asing yang datang selama Asian Games 2018, mereka mengeluarkan uang untuk berbelanja dan lain sebagainya total Rp 1,9 triliun dan dari 1,7 juta wistawan domestik mengeluarkan Rp 1,8 triliun," jelas Bambang di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Meski jumlahnya paling banyak, pengeluaran wisatawan domestik masih sedikit lebih kecil ketimbang wisatawan asing.

Hal itu disampaikan Bambang lantaran wisatawan asing harus menyewa hotel untuk tinggal selama Asian Games 2018. Data dari Bappenas menunjukkan bahwa pengeluaran wisatawan asing untuk hotel mencapai Rp 521,1 miliar.

Di sisi lain pengeluaran wisatawan domestik untuk menyewa hotel hanya sebesar Rp 158,3 miliar. Namun demikian, keduanya memiliki kesamaan dalam obyek yang menjadi pengeluaran terbanyak.

"Souvenir dan makanan serta minuman jadi yang paling dibelanjakan. Wisatawan asing mengeluarkan Rp 655,4 miliar untuk souvenir dan Rp 285,4 miliar untuk makanan serta minuman," tutur Bambang.

Sementara itu, lanjut Bambang, wisatawan domestik merogoh kocek hingga Rp 913,5 miliar untuk membeli suvenir dan Rp 406,6 miliar untuk membeli makanan serta minuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com