Per Agustus 2018, 398.326 Pekerja Migran Sudah Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 16/10/2018, 16:55 WIB
Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif Simposium BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Selasa (16/10/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahDirektur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif Simposium BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Selasa (16/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Ketenagakerjaan mencatat per Agustus 2018 sudah sebanyak 398.326 tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Direktur BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif menuturkan jumlah itu terdiri dari 144.873 calon pekerja migran Indonesia yang tengah melakukan pelatihan kerja dan 253.489 PMI yang telah bekerja di luar negeri.

“Hal ini tidak lepas dari usaha kami dalam meningkatkan layanan dan perlindungan bagi para PMI”, ungkap Krishna saat Simposium BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Krishna menambahkan, simposium digelar untuk mendengarkan secara langsung keluhan dan masukan dari pekerja migran, pengamat, pemangku kepentingan dalam rangka memperbaiki kualitas manfaat dan infrastruktur & proses layanan di dalam negeri, luar negeri maupun secara digital.

“Kami ingin kehadiran negara dan pemerintah melalui sosialisasi dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan benar-benar dibutuhkan dan dirasakan pekerja migran di setiap negara, termasuk calon pekerja migran sebelum keberangkatan di setiap titik layanan di tanah air,” papar Krishna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.