Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Studi Kelayakan Kereta Jakarta-Surabaya Keluar November 2018

Kompas.com - 16/10/2018, 19:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, studi kelayakan proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya yang dikerjakan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) akan selesai pada November 2018.

"(Studi kelayakan proyek kereta semicepat) Jakarta-Surabaya sekarang FS (feasibility study atau studi kelayakan) lagi difinalisasi oleh JICA. Memang rencananya November mereka akan memberikan kepada kita," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Budi menambahkan, setelah hasil studi kelayakannya selesai, pemerintah baru akan mengambil langkah mengenai proyek tersebut.

Menurut Budi, pihaknya mematok tiga aspek yang harus dilakukan JICA. Aspek pertama, pemerintah menginginkan agar proyek tersebut biayanya bisa ditekan. Selain itu, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proyek tersebut harus tinggi.

"Jadi bagian konstruksi yang akan digunakan kita mengharapkan itu diprioritaskan. Ketiga, bagian kontraktor mana yang digunakan. Kita juga minta dipikirkan, kontraktor lokal sama persentasenya," kata Budi.

Sebelumnya, direncanakan pembiayaan proyek ini akan berasal seluruhnya dari Jepang dalam bentuk soft loan. Pinjaman ini bertenor 40 tahun dengan masa tenggang 10 tahun dan bunga 0,5 persen.

Adapun nilai dari seluruh investasi itu mencapai Rp 60 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com