Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Bursa Saham AS Anjlok Lagi

Kompas.com - 19/10/2018, 05:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Indeks bursa saham AS berguguran pada Kamis (18/10/2018) waktu setempat. Kondisi ini melanjutkan pelemahan yang terjadi sejak awal pekan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (19/10/2018), indeks Dow Jones Industrial Average ambrol 327,23 poin ke level 25.379,45. Penurunan ini didorong oleh merosotnya saham Caterpillar secara tajam.

Sementara itu, indeks S&P 500 tergelincir 1,4 persen ke legal 2.768,78, sejalan dengan melemahnya saham-saham konsumer dan teknologi.

Indeks saham Nasdaq tertekan 2,1 persen ke level 7.485,14. Di luar negeri AS, indeks saham Shanghai China juga anjlok secara dramatis.

Anjloknya bursa saham AS ini melanjutkan pelemahan yang terjadi sejak awal bulan. Indeks Dow Jones dan S&P 500 sudah melemah lebih dari 4 persen.

Adapun sejak awal Oktober 2018, indeks Nasdaq sudah merosot hampir 7 persen. Sektor teknologi yang paling berdarah-darah, yakni melemah 7,1 persen.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab longsornya indeks saham AS adalah kekhawatiran makin memanasnya perang dagang AS-China, kenaikan suku bunga AS, dan kekhawatiran tentang adanya kemungkinan saham-saham teknologi kelebihan nilainya.

Indeks bursa saham juga ambrol sejalan dengan keputusan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin untuk tidak menghadiri pertemuan investasi di Arab Saudi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com