Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf: Startup Tak Hanya soal Kreasi Inovasi

Kompas.com - 19/10/2018, 20:41 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik mengatakan, para pendiri start up tak hanya bertarung perihal kreasi dan inovasi tapi juga yang paling penting adalah mengembangkan bisnisnya.

“Sebenarnya menurut saya (start up) tujuannya sebuah hal yang ke bisnis,” ujar Ricky saat Peluncuran BE-X di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Dia menambahkan, startup ini bisa merangsek ke semua lini dalam 16 sektor yang dinaungi Bekraf.

“Ini adalah sebuah proses yang tentunya memerlukan sebuah visi untuk melihat kebutuhan sebuah ekosistem, yang bisa dijadikan untuk revolusi industri Industri 4.0. Namun, untuk partner kita yang ada semoga program ini untuk bisa di ruang lingkup yg lebih besar ke depannya,” katanya .

Baca juga: Dongkrak Daya Saing Startup, Bekraf Luncurkan BE-X

Sebuah startup memang awalnya dibentuk atas dasar kreasi dan inovasi. Dimana dalam pengembangan produknya bisa mencapai nilai valuasi tertentu. Oleh karenanya, pengelolaan bisnis dalam perusahaan start up adalah paling penting.

“Gagasan bisa sangat brilian, tapi kalau tidak bisa dikelola dgn baik dlm konteks bisnis bisa jadi masuk yang 90 persen tidak bertahan selama 5 tahun,” ucap Ricky.

Ricky menyebutkan, tantangan ke depan bagi para pelaku start up ini justru dari non kreasi tapi pada aspek kemampuan bisnisnya.

“Menururt saya tantangan seperti itu makin tinggi karena memang enterpreneurshipnya di latih. Start up adalah enterpreneurship pola baru, jadi menurut saya itu bagus sekali untuk dijalani lebih dalam lagi oleh para milenial ini,” tutur Ricky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com