Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpan RB Akan Beri Penghargaan ke 40 Pelayanan Publik di Indonesia

Kompas.com - 22/10/2018, 11:58 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) akan menggelar pameran Internasional Public Service di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7 dan November 2018.

Dalam acara tersebut akan diumumkan peraih penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018.

"Penganugrahan penghargaan kepada top 40 inovasi pelayanan publik tahun 2018 akan dilaksanakan pada pembukaan internasional public service forum tanggal 7 November 2018, yang rencananya akan diserahkan oleh bapak presiden (Joko Widodo)," ujar Menpan RB Syafruddin di kantornya, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Syafruddin menyebutkan, kompetisi ini diikuti oleh pelayanan publik ditingkat kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD. Penilaian kompetisi ini dilakukan oleh tim independen yang terdiri dari akademisi dan pakar yang kompeten dan memiliki reputasi baik.

Baca juga: Menpan RB: Sistem Pensiun Baru PNS Lebih Sejahtera

"Top 40 inovasi pelayanan publik merupakan inovasi yang dikategorikan terpuji hasil seleksi top 99. Akan diberikan dana insentif daerah bagi pemerintan daerah yang inovasinya terpilih dalam top 40," kata Syafruddin.

Adapun peraih penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 terdiri dari 5 pelayanan publik ditingkat kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 15 kabupaten dan 10 kota.

Menurut Syafruddin, pelayanan publik yang meraih penghargaan akan dipamerkan di acara Internasional Public Service. Acara itu sendiri akan dihadiri 5.000 peserta dan undangan dari seluruh dunia.

"IPS forum menjadi wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi bagi penyedia dan pengguna pelayanan publik. Para inovator di bidang pelayanan publik juga akan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan dan memamerkan inovasi," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com