Akhir November, Jalur Ganda KRL ke Rangkasbitung Mulai Beroperasi

Kompas.com - 23/10/2018, 06:38 WIB
Jalur ganda elektrifikasi segmen Parung Panjang - Maja yang baru diresmikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub di Stasiun Maja, Lebak, Banten, Rabu (11/5/2016). Nursita SariJalur ganda elektrifikasi segmen Parung Panjang - Maja yang baru diresmikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub di Stasiun Maja, Lebak, Banten, Rabu (11/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) bakal mengoperasikan jalur ganda atau double track kereta commuter menuju Rangkasbitung, Banten.

Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menyatakan bahwa saat ini operasional kereta commuter memang sudah sampai Rangkasbitung, tetapi belum menggunakan double track.

"Pelayanan KRL ini sekarang sudah sampai Rangkasbitung, tetapi sebagian masih single track. Akhir tahun dibuka double track sampai Rangkasbitung lengkap dengan elektrifikasinya," ucap Zulfikri dalam jumpa pers di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Zulfikri memastikan, rencana tersebut bisa terwujud pada akhir November 2018.  Maka dengan direalisasikannya rencana tersebut, maka jangkauan KRL nantinya akan semakin panjang dari barat ke timur Jakarta.

Baca juga: Menhub Ingin Proyek Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Serap Tenaga Kerja Lokal

"Timur ke arah Rangkasbitung itu sudah 79 kilometer dan barat ke arah Cikarang sudah 43 kilometer. Jadi jangkauan KRL sudah hampir 120-an kilometer. Ini memang karena wilayah Jabodetabek yang demikian besarnya harus kita layani pergerakan commuternya," ucap Zulfikri.

Kemudian, sebagai bagian dari rencana tersebut, Zukfikri menyampaikan telah siap mengoperasikan stasiun baru. Stasiun tersebut dibangun dengan fasilitas modern.

"Satu stasiun yang kita bangun di sini adalah Stasiun Citeras. Itu sudah memenuhi standar yang sudah ditetapkan sesuai peraturan," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X