YouTube Gelontorkan 20 Juta Dollar AS untuk Konten Pendidikan

Kompas.com - 23/10/2018, 10:10 WIB
Ilustrasi YouTube IstIlustrasi YouTube

NEW YORK, KOMPAS.com - YouTube akan menggelontorkan investasi 20 juta dollar AS untuk konten-konten edukasi, termasuk mendanai kreator Youtube yang membuat konten dengan dasar pembelajaran.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (22/10/2018), anak perusahaan Google ini sedang dalam proses membuat video edukasi 'YouTube Originals' serta beberapa seri video tanya jawab dengan Vox Entertainment.

YouTube juga akan meluncurkan sebuah channel pembelajaran dengan video bertema DIY (Do It Yourself) serta tutorial yang akan dimasukkan dalam list Best Of YouTube pada laman utama mereka.

Pada Juli lalu, CEO YouTube Susan Wojcicki mengatakan, Youtube sedang mengusung insiatif yang disebut YouTube Learning untuk hibah dan promosi yang mendukung konten dan organisasi yang fokus pada pembelajaran.

Baca juga: Belajar dari Youtube, Mantan Fotografer Ini Sukses Berbisnis Kulit

"Harapan kami adalah mendukung mereka yang menggunakan Youtube untuk berbagi pengetauan mereka dengan dunia dan jutaan pengguna yang datang ke platform kami untuk belajar," ujar YouTube melalui keterangan tertulisnya.

Global Head of Family YouTube Malik Ucard menjelasksan channel YouTube Learning akan diprogram langsung oleh manusia, untuk memastikan kualitas konten relevan dan aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami akan menunjuk konten kreator terpercaya dan kredibel untuk platform ini," ujar dia.

YouTube sendiri tengah membuat konten-konten edukasi selama bertahun-tahun, namun langkah ini menunjukkan semakin meningkatnya dukungan perusahaan terhadap pendidikan.

Selain itu perusahaan ini juga sedang meningkatkan kemampuan logaritma mereka agar dapat menyeleksi konten-konten yang tidak pantas sehingga tidak muncul dalam layanan yang mereka miliki, termasuk YouTube Kids.

April lalu, YouTube menyatakan telah menurunkan lebih dari 8 juta video sepanjang bulan Oktober dan Desember yang melanggar standar komunitas mereka, termasuk spam atau orang-orang yang mencoba untuk mengunggah konten-konten dewasa melalui platform mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.