Netflix dan YouTube Kuasai 70 Persen Penonton Remaja

Kompas.com - 23/10/2018, 13:08 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone.Bloomberg Ilustrasi Netflix di smartphone.

NEW YORK, KOMPAS.com -  Remaja Amerika Serikat lebih banyak menonton Netflix hingga dua kali lipat daripada menonton TV kabel.

Demikian hasil survei Piper Jaffray,  bank investasi asal AS, dalam “Taking Stock With Teens Survey” seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (23/10/2018).

Survei menunjukkan, Netflix memimpin 37,6 persen dari konsumsi video harian para remaja tersebut. angka yang relatif stabil selama beberapa tahun terakhir.

Hal itu berbanding terbalik dengan TV kabel yang terus melorot, yakni turun menjadi 16,4 persen dari waktu yang dihabiskan berbanding 19,5 persen dari survei terakhir dan 29,5 persen pada tahun 2015. Sehingga sejak 2015, pangsa pasar TV kabel, terutama para remaja, hampir terpangkas setengahnya.

Baca juga: Di Netflix, Karyawan Malah Didorong untuk Wawancara Kerja dengan Perusahaan Lain

Selain itu YouTube juga berperan mengikis audiens TV kabel. "TV kabel dan TV satelit telah kehilangan landasan yang signifikan dan diambil alih oleh YouTube,” tulis Piper Jaffray.

Dari segi penonton remaja, YouTube terus meningkat sejak 2015 yakni naik dari 21,4 persen menjadi 33,1 persen.

Menurut perkiraan Emarketer, tahun ini YouTube akan meraup 3,36 miliar dollar AS dari pendapatan iklan video di AS, naik 17,1 persen year on year.

Dominasi YouTube dan Netflix di mata para remaja memberi perhatian pada potensi masa depan hiburan video.

Gabungan keduanya mewakili 70,7 persen dari konsumsi video harian remaja yang tidak bisa disediakan oleh pasar iklan TV tradisional, dengan iklan pengeditan Netflix dan YouTube memiliki metode sendiri yang secara fundamental berbeda dalam menjual ruang iklan.




Close Ads X