6 Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Lingkungan Kerja Terbaik di Dunia

Kompas.com - 24/10/2018, 14:26 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes kembali mempublikasikan laporannya tentang lingkungan kerja terbaik di dunia atau “Global 2000 List of the World’s Best Employers 2018."

Dalam daftar tersebut, 6 perusahaan Indonesia berhasil masuk dalam jajaran perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik.

Peringkat tertinggi perusahaan Tanah Air diraih oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang  masuk ke jajaran 15 besar, tepatnya menduduki peringkat ke-11. Mengekor selanjutnya, adalah PT Bank Central Asia Tbk yang berada di posisi 32.

Kedua bank ini bahkan mengalahkan Facebook yang mesti puas ada di posisi ke-45 dari daftar tersebut.

Keempat perusahaan sisanya yakni PT Gudang Garam Tbk di posisi ke-109. Kemudian, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk di peringkat 112, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di posisi 157, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di ranking ke-186.

Secara keseluruhan, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) mendominasi daftar. Dari 500 perusahaan teratas, 185 perusahaan AS masuk daftar tersebut. Sementara itu, untuk perusahaan dari China dan Hongkong terdapat 80 perusahaan yang ditampilkan dalam daftar.

Wakil Asia yang menempati posisi tertinggi dalam daftar adalah perusahaan migas CNOOC asal Hong Kong, yang berada di posisi ke-6. Sementara itu, dari wilayah Asia Tenggara yakni Kasikornbank dari Thailand yang menduduki posisi ke-8 menjadi wakil di 10 besar.

Adapun raksasa e-commerce Alibaba hanya mampu berada di peringkat 332.

Perushaan asal Negeri Paman Sam, Alphabet mempertahankan predikat sebagai perusahaan dengan lingkungan kerja terbaik dengan lebih dari 80.000 karyawan di seluruh dunia. Di Alphabet, perempuan mendapat porsi 25,5 persen di posisi penting perusahaan.

Perusahaan teknologi ini juga terus mencatatkan kenaikan jumlah karyawan berdarah Latin dan berkulit hitam.

Dalam pemeringkatan Forbes ini, para karyawan diminta menilai perusahaan di mana mereka bekerja dan apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada teman atau keluarganya. Mereka juga diminta merekomendasikan perusahaan lain yang dipandang memiliki rekam jejak dan lingkungan kerja yang bagus.

Riset ini menerima rekomendasi sebanyak 430.000 perusahaan dari seluruh dunia. Survei tersebut menekankan pada apakah perusahaan tersebut memiliki lingkungan kerja yang ramah dan sebesar besar keberagaman para pegawai di perusahaan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.