Rahasia Manajemen Kegiatan ala CEO Twitter yang Bisa Ditiru

Kompas.com - 25/10/2018, 07:08 WIB
Jack Dorsey, CEO Twitter techcruchJack Dorsey, CEO Twitter

NEW YORK, KOMPAS.com - Hari yang produktif bukan hanya tentang apa yang akan Anda lakukan, tetapi juga apa yang tidak akan Anda lakukan. Itulah sebabnya CEO Square dan Twitter, Jack Dorsey mendaftar apa yang akan dan tidak akan dilakukannya setiap hari.

Jack berbagi strategi dalam sebuah tweet baru-baru ini. Dia membagi daftar dalam beberapa prioritas. Jack memutuskan untuk bermeditasi, membaca buku non-fiksi terbaik, mempertimbangkan metrik Twitter dan menulis catatannya mengenai pengalaman bersantap lewat Caviar yang merupakan platform pengiriman Square yang dibeli pada tahun 2014.

Daftar "tidak akan dilakukan" olehnya termasuk minum alkohol.

Dorsey berkomentar di akun Twitter-nya, "Setiap pagi saya menulis daftar tugas yang akan saya lakukan hari ini, dan hal yang tidak akan saya lakukan hari itu juga." Hal tersebut menjelaskan bahwa dia lebih fokus pada upaya yang lebih strategis.

Dia menambahkan bahwa bagian "tidak akan melakukan" dari daftarnya diperiksa sebelum dia tidur. Akhirnya, banyak dari hal ini pula dipindahkan ke daftar "lakukan".

Daftar yang "harus dilakukan" sering kali bisa menjadi hal yang buruk karena mereka tidak "membedakan antara yang mendesak dan penting," kata penulis buku laris Kevin Kruse .

Daftar ini juga tidak sering memasukkan tugas dan kegiatan lain yang dapat mengganggu untuk waktu Anda. Akibatnya, daftar "untuk melakukan" tidak selalu mencerminkan keputusan yang perlu Anda buat pada hari tertentu untuk bergerak maju pada prioritas utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daftar manajemen waktu dan kegiatan Jack Dorsey menunjukkan dia sengaja dan sadar tentang apa yang akan dilakukannya dan tidak akan berhasil, dapat membantu mengambil kendali dan mengatur hari dengan lebih baik. Bahkan, mengesampingkan tugas-tugas yang tidak penting.

"Daftar 'tidak akan melakukan' sering lebih penting daripada daftar 'lakukan'. Menetapkan niat untuk sengaja tidak bekerja pada sesuatu memberi saya ruang lebih jelas untuk berpikir dan bekerja, dan kurang reaktif," tulis Jack Dorsey dalam akun pribadi twitternya.

Jack Dorsey telah berbicara mengenai daftar "tidak akan melakukannya" beberapa kali dalam dekade terakhir, termasuk selama pidato di Y Combinator Startup School tahun 2013.

Daftar "tidak akan melakukan" yang ia bagikan selama pembicaraan itu termasuk terlambat, menghindari kontak mata hingga pengaturan harapannya pada orang yang tidak bisa ia temui.

Banyak item dalam daftar itu telah menjadi bagian rutin bagi miliarder ini. Seperti yang dijelaskan Jack, "Beberapa item tetap ada di daftar selama berhari-hari / minggu / bulan, beberapa yang saya ingin pastikan saya lakukan setiap hari."



Sumber CNBC

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.