Musim Liburan, Masyarakat Indonesia Habiskan Rp 6,8 Miliar untuk Belanja

Kompas.com - 25/10/2018, 14:45 WIB
Ilustrasi belanja SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja

JAKARTA, KOMPAS.com - Industry Lead Digital Natives Facebook Arjun Sarwal mengatakan, penetrasi ponsel pintar yang semakin masif membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan barang yang diinginkannya lewat jejaring dunia maya.

Wilayah Asia Tenggara, utamanya di Indonesia, Vietnam, Filipina, Myanmar dan Thailand mencatat peningkatan jumlah pengguna ponsel pintar mencapai 82 persen. Sehingga, diproyeksikan tahun 2022 nanti bisa meningkat sampai 102 persen.

Sarwal menyebutkan, di Indonesia untuk musim liburan, rata-rata masyarakat akan menghabiskan uang sebesar Rp 6,8 miliar untuk belanja kebutuhan secara daring.

“Sebagian masyarakat Indonesia pada tahun 2017 menghabiskan uangnya ketika musim liburan datang. 47 persen di antaranya bahkan berencana menghabiskan uang lebih banyak dari tahun sebelumnya,” jelas Sarwal di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Sementara untuk produk-produk favorit, masyarakat di Asia Tenggara senang membeli keperluan rumah tangga, alat kesehatan dan peralatan pribadi, serta fesyen dan aksesoris.

Ketika musim liburan datang, 91 persen masyarakat Indonesia senang belanja lewat jejaring sosial Instagram dan 87 persen lewat Facebook.

“Rentang umur yang memanfaatkan media daring sebagai tempat belanja masih kaum millenial dengan umur 18-34 tahun dan mengharapkan adanya pesta belanja atau Single’s Day,” jelas Sarwal.

Melihat tren ini, ia menyimpulkan bahwa tren belanja di Asia Tenggara benar-benar dipengaruhi oleh media sosial seperti maupun lewat komunikasi visual.

“Konsumen mengharapkan pengalaman berbelanja yang menarik dari flatform toko online yang dikunjunginya,” imbuh Sarwal.

Kuartal IV 2018 alias akhir tahun adalah musim liburan. Oleh karenanya, pesta diskon belanja akan sangat berpengaruh dan memikat masyarakat Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.