Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN akan Kerek Suku Bunga KPR Sebesar 0,25 Persen

Kompas.com - 25/10/2018, 16:50 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (BTN) berencana menaikkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar 0,25 persen pada akhir tahun ini.

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, kenaikan bunga tersebut sebagai dampak dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) yang sudah mencapai 150 basis point pada September lalu menjadi 5,75 persen.

"Masih ada (penyesuaian bunga KPR) sampai akhir tahun, tapi sedikit sekali, paling hanya 0,25 persen," ujar Maryono kepada awak media di kantornya, Kamis (25/10/2018).

Sebelumnya sebut Maryono, BTN juga telah menaikkan bunga KPR sebesar 0,25 persen. Namun, tidak semua produk mengalami kenaikan bunga. Sebab, BTN telah meningkatkan bunga beberapa produk sebelumnya.

Baca juga: BI Tahan Suku Bunga, Rupiah Masih Aman?

"Karena kalau melakukan penyesuaian secara keseluruhan ini akan bisa mengakibatkan kemampuan debitur mengalami kesulitan. Kita akan menjaga kemampuan masing-masing nasabah mampu membayar kewajiban-kewajiban sehingga tidak menambah NPL," kata dia.

Adapun peningkatan bunga tersebut hanya terjadi pada segmen KPR non subsidi saja.

"0,25 persen itu juga segmen KPR nonsubsidi, yang harganya high end," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com