BTN akan Kerek Suku Bunga KPR Sebesar 0,25 Persen

Kompas.com - 25/10/2018, 16:50 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKS/SAPUNKELEIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (BTN) berencana menaikkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah ( KPR) sebesar 0,25 persen pada akhir tahun ini.

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, kenaikan bunga tersebut sebagai dampak dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) yang sudah mencapai 150 basis point pada September lalu menjadi 5,75 persen.

"Masih ada (penyesuaian bunga KPR) sampai akhir tahun, tapi sedikit sekali, paling hanya 0,25 persen," ujar Maryono kepada awak media di kantornya, Kamis (25/10/2018).

Sebelumnya sebut Maryono, BTN juga telah menaikkan bunga KPR sebesar 0,25 persen. Namun, tidak semua produk mengalami kenaikan bunga. Sebab, BTN telah meningkatkan bunga beberapa produk sebelumnya.

Baca juga: BI Tahan Suku Bunga, Rupiah Masih Aman?

"Karena kalau melakukan penyesuaian secara keseluruhan ini akan bisa mengakibatkan kemampuan debitur mengalami kesulitan. Kita akan menjaga kemampuan masing-masing nasabah mampu membayar kewajiban-kewajiban sehingga tidak menambah NPL," kata dia.

Adapun peningkatan bunga tersebut hanya terjadi pada segmen KPR non subsidi saja.

"0,25 persen itu juga segmen KPR nonsubsidi, yang harganya high end," jelas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X