Kompas.com - 25/10/2018, 19:17 WIB

MALANG, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bekerja sama dengan Google Indonesia mengembangkan model bisnis digital untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat berpenghasilan rendah.

Produk model digital tersebut diimplementasikan dengan program Daya sebagai model bisnis yang mengintegrasikan misi sosial dan misi bisnis dalam produk, layanan, serta kegiatan sehari-hari.

“Inti dari program ini adalah kami menjadi partner, atau mitra nasabah dalam mencapai pertumbuhan usahanya. Kami meyakini, untuk bisa bertumbuh, nasabah tidak hanya membutuhkan akses keuangan, tetapi juga pendampingan untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka,” ujar Daya Head BTPN Andrie Darusman melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/10/2018).

Andrie menjelaskan, implementasi program Daya disesuaikan dengan profil, karakter dan kebutuhan nasabah. Modul pelatihan yang diberikan antara lain modul mengenai perencanaan bisnis, manajemen keuangan, strategi menjaga loyalitas pelanggan hingga mengakses pasar menggunakan platform digital (e-commerce).

Baca juga: BTPN Catatkan Laba Bersih Rp 1,62 Triliun di Kuartal III 2018

“Karena materi pelatihan yang dibutuhkan nasabah semakin kompleks, dan untuk memperluas jangkauan Daya, kami memperkenalkan Daya.id. Hal ini merupakan ikhtiar kami dalam meningkatkan kapasitas nasabah dengan memanfaatkan teknologi,” kata Andrie.

Melalui www.daya.id, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mengikuti pelatihan. Mereka dapat mengakses berbagai informasi, kiat, dan pelatihan melalui www.daya.id selain itu, juga disediakan pelatihan online yang merupakan modul atau materi pelatihan dalam bentuk video singkat dan slide presentasi para ahli di bidang usaha dan kesehatan.

Adapun Corporate Brand Marketing Manager Google Indonesia menyatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan BTPN ini, karena sama sama memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap pengembangan UMKM.

Program itu juga diharapkan bisa diduplikasi di daerah lain, sehingga jumlah UMKM yang bisa go digital terus tumbuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.