Millenial, Jangan Lakukan 4 Kesalahan Keuangan Ini

Kompas.com - 26/10/2018, 06:28 WIB
generasi milenial SHUTTERSTOCKgenerasi milenial

NEW YORK, KOMPAS.com - Ahli keuangan Suze Orman mengingatkan generasi millenial agar tidak melakukan kesalahan pengelolaan keuangan.

"Saya bisa duduk di sini dari sekarang sampai selamanya dan memberi Anda daftar apa saja yang mesti Anda lakukan dan jangan Anda lakukan," kata Suze dikutip dari CNBC, Jumat (26/10/2018).

Berikut adalah empat kesalahan utama keuangan dari generasi millenial menurut Orman dan disarankan untuk menghindari hal ini dengan segera.

1. Jangan membeli rumah karena Anda pikir harus membelinya

Jika Anda tidak mampu membeli rumah, jangan kadung stres dulu. Tidak apa-apa untuk menyewa rumah, terutama jika Anda memang tinggal di kota besar dengan biaya hunian  tinggi.

"Saya tahu banyak dari Anda berpikir kunci kekayaan adalah membeli rumah, melunasinya, dan memiliki rumah sendiri. Memang masuk akal, tapi kadang-kadang hal itu tergantung di mana Anda tinggal. Mungkin akan lebih masuk akal untuk hanya menyewa," jelas Orman.

Jika tinggal di daerah yang mahal, dia menyarankan menginvestasikan uang di pasar saham sebagai gantinya.

"Apa pun uang yang telah Anda bebaskan, uang itu adalah uang yang Anda investasikan di pasar saham. Anda membebaskan diri dari utang, mempertahankan biaya rata-rata, memaksimalkan tabungan untuk pensiun Anda. Maka Anda memiliki akun investasi dan terus bejalan," tuturnya.

Akhirnya, Anda mungkin akan cukup membeli sesuatu atau Anda mungkin memutuskan untuk mengejar tujuan keuangan lainnya.

2. Jangan habiskan waktu untuk mengesankan orang lain

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X